Penerapan Strategi Sketch to Stretch pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas VIII pada SMP N 1 Danau Kembar Kabupaten Solok Tahun Ajaran 2017/2018

Wita Sari, Wita (2018) Penerapan Strategi Sketch to Stretch pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas VIII pada SMP N 1 Danau Kembar Kabupaten Solok Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK)
1. Cover DKK.pdf - Published Version

Download (719kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (BAB I)
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (795kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V.pdf

Download (442kB)
[img] Text (BIODATA PENULIS)
18. BIODATA PENULIS.pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI WITA LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Strategi Sketch to Stretch pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas VIII pada SMP N 1 Danau Kembar Kabupaten Solok Tahun Ajaran 2017/2018” oleh Wita Sari, NIM. 1314010652, skripsi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang tahun 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islamdi Kelas VIII pada SMP N 1 Danau Kembar Kabupaten Solok. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor,baik darisiswa itu sendiri maupun dari strategi pembelajaran guru yang kurang efektif. rendahnya nilai mereka dalam pembelajaran PAI disebabkan oleh kurangnya motivasi dan minat belajar mereka pada pembelajaran tersebut, tingkat kesulitan materi pelajaran dan rendahnya tingkat pemahaman siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkanlah strategi pembelajaran Sketch to Stretch yaitu “gambar untuk menjelaskan”, artinya melalui strategi ini siswa menggambarkan isi dari materi yang dipelajari, yang bertujuan untuk menjelaskan makna sebenarnya dari materi yang mereka pelajari/baca. Gambar disini bervariasi seperti peta konsep, mind mapping dan ringkasan materi sesuai dengan kata-kata mereka sendiri namun, tidak mengubah makna dari materi yang mereka baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat, serta untuk mengetahui evaluasi Strategi Sketch to Stretch pada pembelajaran PAI di Kelas VIII pada SMP N 1 Danau Kembar Kabupaten Solok Penulis mengadakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, sebagai data pendukung kepala sekolah dan siswa. Teknik dan alat pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada SMP N 1 Danau Kembar Kabupaten Solok penulis temukan bahwa: Pertama, Perencanaan Strategi Sketch to Strecth pada pembelajaran PAI sudah baik namun terkadang waktu pelajaran yang digunakan tidak cukup dengan apa yang ditulis dalam RPP sehingga batas akhir pembelajaran tidak sampai kepada tujuan pembelajaran. Kedua, Pelaksanaan Strategi Sketch to Stretch pada Pembelajaran PAI sudah berjalan dengan baik karena Guru sudah paham dengan strategi Sketch to Stretch yang dilaksanakan dalam Pembelajaran PAI ini. Walaupun demikian penulis berasumsi bahwa strategi Sketch to Stretch yang dilaksanakan dalam pembelajaran PAI bagus diterapkan karena sebelumnya guru yang mengajar PAI ini hanya menggunakan metode konvensional saja Ketiga, Faktor Pendukung Strategi Sketch to Stretch pada Pembelajaran PAI adalah dari kepala sekolah, guru, potensi siswa dan media yang ada sedangkan faktor Penghambat Implementasi Strategi Sketch to Stretch pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah adanya siswa yang kurang serius, waktu yang terbatas. Keempat, Evaluasi Pelaksanaan Strategi Sketch to Stretch pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilihat melalui keaktifan siswa dan juga dalam bentuk tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:02
Last Modified: 11 Oct 2018 01:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item