Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN I Tanjung Raya Tahun Pelajaran 2017/2018.

Hidayatus Sakinah, Sakinah (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN I Tanjung Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan, Abstrak)
1.COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
2.BAB I.pdf - Published Version

Download (969kB)
[img] Text (BAB 2)
3.BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text (BAB 3)
4.BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
5.BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] Text (BAB 5)
6.BAB V.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (File Gabungan Skripsi)
8.FULL GABUNGAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)

Abstract

Hidayatus Sakinah : Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN I Tanjung Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. NIM. 1314040931 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan kurangnya disposisi matematis peserta didik kelas VII SMPN 1 Tanjung Raya, terlihat dari hasil belajar peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) pada pokok bahasan operasi aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Tanjung Raya dengan menggunakan pembelajaran tipe FSLC dalam pendekatan scientific lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan scientific saja. 2) Mengetahui disposisi matematis peserta didik kelas VII SMPN 1 Tanjung Raya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dalam pendekatan scientific lebih tinggi dari pada yang diajarkan menggunakan pendekatan scentific saja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Tanjung Raya tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata – rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.2 dan kelas kontrol adalah kelas VII.3. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes akhir dan angket. Data tes akhir dan angket yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji – t setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Setelah dilakukan analisis, skor rata-rata nilai tes kelas eksperimen 79,97 dan skor ratarata nilai tes kelas kontrol 70,84. Setelah dilakukan uji hipotesis, diperoleh thitung (2,649) > ttabel (1,645) dan disposisi matematis peserta didik kelas ekperimen lebih tinggi dari pada disposisi matematis peserta didik kelas kontrol. Setelah dilakukan analisis, skor rata-rata kelas eksperimen yaitu 85,82 sedangkan kelas kontrol yaitu 73,31. Setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh thitung (6,082) > ttabel (1,645). dan dengan taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe FSLC lebih tinggi dari pada peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan scientific saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 09 May 2018 08:23
Last Modified: 09 May 2018 08:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2183

Actions (login required)

View Item View Item