Darma, Lina (2018) EKSPERIMENTASI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 4 PESISIR SELATAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover)
1. COVER,PERSETUJUAN PEMB DAN ABSTRAK.pdf Download (706kB) |
|
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf Download (630kB) |
|
Text (BAB 2)
3 . BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf Download (778kB) |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf Download (168kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN SKRIPSI)
8. FUL GABUNGAN SKRIPSI OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK Darmalina : Eksperimentasi Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. NIM. 1314040656 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII di MTsN 4 Pesisir Selatan, terlihat dari hasil belajar peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui aktivitas belajar peserta didik kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan yang diajar dengan menggunakan strategi REACT. 2) mengetahui pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan dengan menggunakan strategi REACT lebih tinggi dibandingkan pemahaman konsep matematika peserta didik yang di ajarkan dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 4 Pesisir Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada semua kelas populasi. Setelah semua kelas di ketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII_B dan kelas kontrol adalah kelas VIII_C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dan tes akhir. Uji hipotesis menggunakan uji beda dua rata-rata sampel yaitu uji-t. Dari hasil pengolahan data lembar observasi aktivitas menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik mengalami perkembangan dari pertemuan pertama sampai pada pertemuan ke empat dapat dilihat dari hasil rata-rata persentase aktivitas peserta didik kelas eksperimen selama proses pembelajaran sebagai berikut : 54% ,62% , 66% , 70%. Berdasarkan tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini terlihat dari rata-rata tes pemahaman konsep matematika kelas eksperimen yaitu 76,97 sedangkan rata-rata kelas kontrol yaitu 69,97 . Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t diperoleh thitung = 2,02 dan ttabel = 1,67 dengan taraf kepercayaan 95%, sehingga thitung > ttabel, ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menerapkan strategi pembelajaran REACT lebih tinggi dibandingkan pemahaman konsep peserta didik yang di ajarkan dengan pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 02:29 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 02:29 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2172 |
Actions (login required)
View Item |