IMRAN UTAMA, - (2018) Pengaruh Self Concept dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Padang Pariaman. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (426kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (478kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (455kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (156kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh self concept dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Padang Pariaman. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan self concept terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Padang Pariaman, (2) Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Padang Pariaman, dan (3) Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan self concept dan lingkungan belajar secara bersamaan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Padang Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif, melalui metode penelitian asosiatif. Populasinya 310 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Startified Random Sampling, sehingga diperoleh sampel 76 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Pengolahan data dengan cara uji persyaratan ilmiah dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self concept terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebesar 0,244 atau 24,4 %, sedangkan nila R diperoleh sebesar 0,494. Persamaan regresinya viii Y = a + b.X = 59,550 + 0,157.X artinya semakin baik dan bagus self concept peserta didik maka hasil belajar akan semakin baik. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebesar 0,221 atau 22,1%, sedangkan nilai R diperoleh sebesar 0,470. Persamaan regresinya Y = a + b.X = 67,981 + 0,118.X artinya semakin baik dan bagus lingkungan belajar peserta didik maka hasil belajar akan semakin baik. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self concept dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebesar 0,328 atau 32,8%, sedangkan nilai R sebesar 0,572. Persamaan regresinya artinya semakin baik dan bagus self concept dan lingkungan belajar peserta didik Y = a + b maka hasil belajar akan semakin baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 38 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 02:23 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 02:23 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6774 |
Actions (login required)
View Item |