M. YASIM, - (2018) Keterampilan variasi mengajar guru PAI dan implikasinya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMKN 5 Padang. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (CEVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (717kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (123kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (163kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (156kB) |
Abstract
Penulisan tesis ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis terhadap guru PAI yang telah melakukan variasi mengajar. Bentuk bervariasi mengajar yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode, menggunakan gaya mengajar, memanfaatkan media pembelajaran dan melakukan pola interaksi dengan peserta didik. Sementara di sisi lain peserta didik sudah termotivasi meskipun masih jauh dari yang diharapkan. Adapun batasan dari penelitian ini adalah pada keterampilan variasi gaya mengajar, variasi media dan bahan ajar, variasi pola interaksi mengajar dan implikasinya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X otomotif kendaraan ringan (OKR) SMKN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatifdengan menggunakan pendekatan deskriptif yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber datanya adalah guru PAI, siswa, majlis guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksidata, display data dan verifikasi data. Kemudian pengujian keabsahan data melalui tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: 1)Gaya mengajar guruPAI telah bervariasi yaitu dengan menerapkan variasi suara, penekanan, kesenyapan, kontak pandang, gerakan anggota badan dan perpindahan posisi yang diterapkan dengan mengkolaborasikan dengan gaya mengajar lain. 2)Media ajar guru PAI telah bervariasi yaitu menggunakan media yang disediakan pihak sekolah seperti buku paket, al-qur’an, papan tulis dan alat tulis lainnya. Guru PAI memanfaatkan smart phone sebagai media alternatif 3)Pola interaksi yang diterapkan guru PAI sudah bervariasi yaitu dengan menggunakan pola aksi satu arah, dua arah, multi arah dan pola melingkar.4) Keterampilan variasi mengajar guru PAI berimplikasi baik sekali terhadap motivasi belajar peserta didikyang dicantumkan dalam ciri-ciri siswa yang termotivasi dalam belajar yang dikemukakan oleh Sardiman AMyaitutekun mengerjakan tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkanminatyangbesar terhadapbermacam masalah, lebih senangbekerjamandiri, dapat mempertahankanpendapat, tidak mudah melepaskan halyangsudah diyakininyadan senangmencari memecahkan masalah soal-soaldan cepatbosandengantugas-tugasrutin. 5)Keterampilan variasi mengajar yang diterapkan guru PAI terhadap hasil belajar siswamelebihi KKM yang telah di tetapkan yaitu 75 dengan perolehannilai rata-rata kelas kognitif 83, psikomotor 86 dan nilai afektif 92 dalam artian yaitu keterampilan variasi mengajar guru PAI dengan hasil belajar siswa berimplikasi baik sekali
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 38 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 02:07 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 02:07 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6758 |
Actions (login required)
View Item |