PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PADANG (Studi pada UMKM Binaan Rumah Kreatif BUMN BNI Kota Padang)

AFRINAWATI, - (2018) PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PADANG (Studi pada UMKM Binaan Rumah Kreatif BUMN BNI Kota Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Persediaan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (FILE GABUNGA)
GABUNGAN BENAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Era globalisasi ekonomi yang disertai dengan perkembangan pesat teknologi telah memberi kesan kepada persaingan yang sangat hebat di kalangan pengusahapengusaha. Usaha Elektronik Commerce (E-Commerce) adalah pelaksanaan perniagaan berupa transaksi penjualan, pembelian, pemesanan, pembayaran, maupun promosi suatu produk barang dan/atau jasa yang dilakukan dengan memanfaatkan komputer dan sarana komunikasi elektronik digital atau telekomunikasi data. Selain itu, bentuk perniagaan ini juga dapat dilakukan secara global, yaitu dengan menggunakan jaringan internet. Dalam perkembangan tersebut, UMKM sebagai salah satu penopang perekonomian di Indonesia harus dapat menjawab tantangan tersebut dan harus mampu menjangkau perubahan disekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM Kota Padang di UMKM Binaan Rumah Kreatif BUMN BNI Kota Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer dan jumlah sampel sebanyak 52 UMKM. Untuk pengumpulan data diperoleh dari metode kuesioner kepada pelaku UMKM binaan RKB BNI Kota Padang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dari hasil uji signifikan parametik individual (uji t) pada variabel e-commerce berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005. Sementara dari hasil analisis diketahui nilai t yaitu sebesar 4,050 > dari t tabel 2,009. Kata kunci : E-commerce, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas eknomi dan Bisnis > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Manajemen Perbankan Syariah mps
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:22
Last Modified: 26 Sep 2019 06:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6214

Actions (login required)

View Item View Item