AFRINAWATI, - (2018) PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PADANG (Studi pada UMKM Binaan Rumah Kreatif BUMN BNI Kota Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Persediaan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (236kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (330kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (149kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (162kB) |
|
Text (FILE GABUNGA)
GABUNGAN BENAR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Era globalisasi ekonomi yang disertai dengan perkembangan pesat teknologi telah memberi kesan kepada persaingan yang sangat hebat di kalangan pengusahapengusaha. Usaha Elektronik Commerce (E-Commerce) adalah pelaksanaan perniagaan berupa transaksi penjualan, pembelian, pemesanan, pembayaran, maupun promosi suatu produk barang dan/atau jasa yang dilakukan dengan memanfaatkan komputer dan sarana komunikasi elektronik digital atau telekomunikasi data. Selain itu, bentuk perniagaan ini juga dapat dilakukan secara global, yaitu dengan menggunakan jaringan internet. Dalam perkembangan tersebut, UMKM sebagai salah satu penopang perekonomian di Indonesia harus dapat menjawab tantangan tersebut dan harus mampu menjangkau perubahan disekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM Kota Padang di UMKM Binaan Rumah Kreatif BUMN BNI Kota Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer dan jumlah sampel sebanyak 52 UMKM. Untuk pengumpulan data diperoleh dari metode kuesioner kepada pelaku UMKM binaan RKB BNI Kota Padang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dari hasil uji signifikan parametik individual (uji t) pada variabel e-commerce berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005. Sementara dari hasil analisis diketahui nilai t yaitu sebesar 4,050 > dari t tabel 2,009. Kata kunci : E-commerce, Pendapatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas eknomi dan Bisnis > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Manajemen Perbankan Syariah mps |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 06:22 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 06:22 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6214 |
Actions (login required)
View Item |