LESTARIANI, - (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 13 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
covwer, abstrak, lembar persetujuan, pengesahan dan orisinil.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (292kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (581kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (141kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN B.pdf - Published Version Download (94kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini dengan judul :“ Hubungan Keterampilan Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 13 Pesisir Selatan”, yang disusun oleh Lestariani NIM: 1314030195, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik di MTsN 13 Pesisir Selatan yang kurang memiliki keterampilan belajar dan berdampak kepada hasil belajar yang mereka peroleh, ada yang mencontoh pada temannya dan banyak yang mengerjakan tugas disekolah dan juga tidak sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran, datang terlambat, ada yang berada di luar kelas saat pelajaran berlangsung. Oleh karena itu permasalahan ini menjadi tanggung jawab guru bimbingan dan konseling untuk membantu peserta didik dalam membentuk keterampilan belajar yang lebih baik. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” Apakah ada Hubungan antara Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik kelas VIII di MTsN 13 Pesisir Selatan?” Batasan masalah dalam penelitian ini adalah a) Keterampilan Belajar perserta didik kelas VIII di MTsN 13 Pesisir Selatan, b) Hasil Belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 13 Pesisir Selatan, c) Hubungan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 13 Pesisir Selatan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTsN 13 Pesisir Selatan yang berjumlah 120 Orang dan jumlah sampel sebanyak 30 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket, kemudian data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 20, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa (1) Keterampilan Belajar peserta didik di MTsN 13 Pesisir Selatan tergolang baik yaitu dengan persentase sebesar 46,67%. (2) Hasil belajar peserta didik di MTsN 13 Pesisir Selatan tergolong baik dengan persentase sebesar 26,67%. (3) Tingkat signifikan yang digunakan adalah 5% (α=0,05). Kriteria pengujian H0 ditolak dan Ha diterima apabila rhitung > rtabel. Dari hasil pengolahan data di dapatkan bahwarhitung = 0,451 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 5%= 0,361, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya didapat bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 13 Pesisir Selatan. Artinya, semakin baik keterampilan belajar maka semakin baik pula hasil belajar yang dimilki oleh peserta didik, begitu juga sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 06:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 06:06 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6088 |
Actions (login required)
View Item |