JASTI NOVIKA SARI, -- (2018) Pengaruh Macromedia Flash MX dengan Menggunakan Model Trait Treatment Interaction Terhadap Hasil Belajar Fisika di MTsN 2 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
COVER PERSETUJUAN PEMBIMBING ABSTRAK.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (387kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (446kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (108kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (175kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Fisika di MTsN 2 Pesisir Selatan diantaranya: 1) Hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII masih banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (75), 2) kurang bervariasi media dan model yang diterapkan oleh pendidik dalam proses pembelajaran, 3) pendidik masih menerapkan pembelajaran secara klasikal tanpa memperhatikan perbedaan karakteristik kemampuan pada peserta didik, 4) kurikulum 2013 menghendaki materi IPA memiliki integrasi dengan ayat-ayat kauniyah, akan tetapi pendidik masih jarang mengintegrasikan materi IPA dengan ayat-ayat kauniyah yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Berdasarkan identifikasi permasalahan tersebut ditetapkan fokus penelitian, yaitu pembelajaran dengan model Trait Treatment Interaction (TTI) yang memperhatikan perbedaan karakteristik kemampuan pada peserta didik dengan berbantuan media pembelajaran Macromedia Flash MX. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik model Trait Treatment Interaction (TTI) menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash MX dengan model Konvensional pada kelas VIII MTsN 2 Pesisir Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 2 Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2017/ 2018. Teknik sampel pada penelitian ini yaitu Clauster Random Sampling dan sampel penelitian adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran Trait Treatment Interaction) dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol (model pembelajaran Konvensional). Tes akhir belajar fisika diberikan pada kedua kelas sampel sebanya 25 soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t, dengan syarat data terdistribusi normal dan kelompok data mempuanyai variansi yang homogen. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik kelas eksperimen sebesar 87,67 sedangkan pada kelas kontrol 81,33. Hasil statistik inferensial diperoleh nilai t hitung adalah 3,798 (t tabel = 2,019 dengan α= 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model Trait Treatment Interaction menggunakan Macromedia Flash MX dengan peserta didik yang diajar dengan model Konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 16 Jun 2019 06:43 |
Last Modified: | 16 Jun 2019 06:43 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2826 |
Actions (login required)
View Item |