WILYA MERUPIANA, - (2018) Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas III SDN 14 Gunung Sarik Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
CCOVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (508kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (342kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (117kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text
FILE FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA dengan persentase 65% tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu dengan nilai 78. Kemudian, pendidik kurang mengaitkan pembelajaran dengan lingkungan peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi peserta didik. Selain itu, dalam pembelajaran belum terlihat pengaplikasian konsep, keterampilan, dan kreatifitas peserta didik. Oleh sebab itu, diperlukan alternatif model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam pembelajaran IPA agar tercapainya tujuan pembelajaran. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang dilihat pada aspek kognitif dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 14 Gunung Sarik kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain penelitian “One Group Pretest Postest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 14 Gunung Sarik Kota Padang. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan seluruh peserta didik sebagai sampel, yang berjumlah 31 orang. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji-t, karena data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian, pada aspek psikomotor diperoleh persentase psikomotor belajar peserta didik sebelum diterapkan model STM adalah 50,96%, sedangkan setelah diterapkan model STM diperoleh 65,61%. Pada aspek kognitif, diperoleh tes awal (pretest) dengan nilai rata-rata peserta didik adalah 75,94. Peserta didik yang tuntas adalah 19 orang dengan persentase ketuntasannya adalah 61,29%. Sementara pada tes akhir (posttest) nilai rata-rata peserta didik adalah 84,84 dan peserta didik yang tuntas adalah 26 orang dengan persentase 83,87%. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Diperoleh thitung 5,930 dan ttabel 2.042, karena thitung > ttabel (5,930 > 2,042) dengan = 0,05, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang terbukti setelah menerapkan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) lebih tinggi daripada sebelum menerapkan model Sains Teknologi Masyarakat (STM).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2019 03:46 |
Last Modified: | 27 May 2019 03:46 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2803 |
Actions (login required)
View Item |