Ijes, - (2018) Peningkatan Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Pkn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Together pada Peserta Didik Kelas II MIN 03 Solok Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (43kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (219kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (321kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (72kB) |
|
Text
GABUNGAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman tentang makna dan manfaat gotong royong di kelas II MIN 03 Solok. Pembelajaran yang bersifat biasa di dalam kelas kurang memberikan contoh nyata manfaat tentang gotong royong, sehingga peneliti tertarik untuk meningkatkan sikap gotong royong peserta didik.RumusanMasalah, bagaimanapeningkatansikapgotongroyongdalampembelajaranPkndenganmenggun akan model Learning Together padapesertadidikkelas II MIN 03 Solok.Batasan Masalah1)Pelaksanaan model pembelajaranLearning Together dalam rangka meningkatkan sikap gotong royong melalui pembelajaran Pkn untuk pesertadidikkelas IIMIN 03 Solok.2)Apakah pembelajaranPkn dengan menggunakan model pembelajaran Learning Togetheruntuk pesertadidikkelas II MIN 03 Solok mampu meningkatkan sikap gotong royong. Penelitian ini memiliki tujuan 1) menggambarkan dan mengetahui gambaran pelaksanaan model Learning Together dalam rangka meningkatkan sikap gotong royong pesertadidikmelalui pembelajaran Pkn di kelas II MIN 03 Solok. 2) mengetahui peningkatan sikap gotong royong melalui pelaksanaan pembelajaran Pkn dengan model Learning Together dalam rangka meningkatkan sikap gotong royong pesertadidikmelalui pembelajaran Pkn di kelas II MIN 03 Solok, model pembelajaran Learning Together ini adalah sebuah model pembelajaran yang bukan sekedar model yang berupa kovensional tetapi juga merupakan sebuah model kerjasama dan kemudian peserta didik diajak untuk melakukan kerjasama dalam memecahkan masalah, dan model ini sangat cocok dalam meningkatkan sikap gotong royong peserta didik kelas II MIN 03 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksnakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan pendidik, data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 28 orang. Sedangkan peneliti bertindak sebagai pendidik dan pendidik bertindak sebagai pengamat. Berdasarkan hasil penelitian nilai sikap gotong royong peserta didik pada kondosi awal 45%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 75% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model Learning Together dapat meningkatkan sikap gotong royong peserta didik pada pembelajaran Pkn di kelas II MIN 03 Solok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:15 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:15 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2795 |
Actions (login required)
View Item |