ANISA FITRI, - (2018) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS Melalui Model Inside Outside Circle (IOC) Kelas V MIN 2 Solok Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Cover, Pesetujuan, Abstrak.pdf - Published Version Download (334kB) |
|
Text
BAB I PDF.pdf - Published Version Download (123kB) |
|
Text
BAB II PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
BAB III PDF.pdf - Published Version Download (106kB) |
|
Text
BAB IV PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
BAB V PDF.pdf - Published Version Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version Download (27kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih berpusat pada pendidik, model pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi, saat pembelajaran peserta didik kurang aktif dalam bertanya, menjawab pertanyaan dari pendidik serta peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya. Hal tersebut berdampak kepada rendahnya hasil belajar IPS peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas V MIN 2 Solok?. Batasan masalah pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS peserta didik dengan menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) di kelas V MIN 2 Solok Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 2 Solok dengan menggunakan model Inside Outside Circle (IOC). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini berkolaborasi dengan pendidik kelas V dan dilaksanakan pada semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh data bahwa aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dari 46,58%menjadi56,81%belum mencapai hasil yang ditargetkan (minimal 70%), hal ini disebabkan tidak adanya pengerjaan LKPD dalam pembelajaran, terlalu banyaknya jumlah peserta didik dalam kelompok serta terlalu lamanya peserta didik berdiskusi dengan posisi berdiri sehingga diskusi tidak efektif. Hasil belajar peserta didik pada siklus I dari 22 orang peserta didik hanya 13 orang peserta didik yang tuntas dan 9 orang yang tidak tuntas, dengan nilai rata 66,36. Aktivitas peserta didik pada siklus II dari 70,45%menjadi 81,81%sudah mencapai hasil yang ditargetkan (minimal 70%), hal ini disebabkan karena pendidik telah membagikan LKPD dan mengubah posisi peserta didik dalam diskusi yang awalnya terdiri dari 2 kelompok besar menjadi 4 kelompok kecil serta waktu peserta didik untuk berdiskusi dapat dipersingkat sehingga peserta didik merasa nyaman untuk berdiskusi dan diskusi yang dilaksanakan efektif. Hasil belajar peserta didik pada siklus II dari 22 orang peserta didik, 19 orang peserta didik yang tuntas dan 3 orang yang tidak tuntas dengan nilai ratarata 77,27. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas V MIN 2 Solok pada pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:13 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:13 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2791 |
Actions (login required)
View Item |