Peningkatan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Model Concept Sentence Berbantuan Flash Card bagi Siswa Kelas IV MIN 7 Pesisir Selatan

Jeri Rahman, - (2018) Peningkatan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Model Concept Sentence Berbantuan Flash Card bagi Siswa Kelas IV MIN 7 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “ Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Model Concept Sentence Berbantuan Flash Card bagi Siswa Kelas IV MIN 7 Pesisir Selatan ” ditulis oleh Jeri Rahman Nim 1414070504 pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV MIN 7 Pesisir Selatan Kecamatan Bayang Kebupaten Pesisir Selatan. Sebagian besar dari menulis karangan deskripsi siswa kelas IV MIN 7 Pesisir Selatan terlihat masalah-masalah dalam menulis karangan deskripsi, kerancuan terlihat dalam menyusun kata dan kalimat sederhana. Di mana paragraf-paragraf yang dibuat siswa kurang padu atau kurang terlihat adanya hubungan antar paragraf sehingga nilai siswa dalam menulis rendah, tidak adanya media yang menarik membuat siswa cendrung bosan,sehingga siswa menjadi tidak fokus dalam belajarnya. Penelitian ini dibatasi pada penggunaan model concept sentence berbantuan flash card untuk meningkatkan kemampuan siswa membuat kerangka karangan, meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sehingga menjadi kalimat yang utuh, serta meningkatkan kemampuan siswa dalam memperhatikan ejaan. Rumusan masalah ini adalah penggunaan Model Concept Sentence BerbantuanFlash Card bagi Siswa Kelas IV MIN 7 Pesisir Selatan dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa menggunakan model concept sentence berbantuan flash card. Manfaat penelitian ini secara teoritis dapat mengembangkan konsep pembelajaran tentang menulis karangan dengan menggunakan concept sentence berbantuan flash card. Secara praktis penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, siswa, guru Bahasa Indonesia, dan bagi kepala sekolah. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, bekerjasama dengan guru kelas IV MIN 7 Pesisir Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang tindakan guru dan siswa serta hasil tes yang diperoleh setiap akhir siklus.Teknik pengumpulan data adalah: catatan lapangan, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I yaitu 66% menjadi 81% pada siklusII. Sedangkan hasil deskripsi siswa yaitu 73,41% pada siklus I, kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase 80,97%. Dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I terdapat kekurangan seperti guru belum memaksimalkan waktu, guru masih kurang menguasai kelas, dan guru kurang memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Terjadinya peningkatan tersebut pada siklus II karena guru sudah memaksimalkan waktu, menguasai kelas, serta memberikan motivasi siswadalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 15:32
Last Modified: 23 May 2019 15:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item