SRI HIDAYANTI, - (2018) DATAR PESERTA DIDIK SEBELUM DAN SESUDAH MENERAPKAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DI KELAS III MIN BATU BAGIRIK KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (444kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (265kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (375kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (63kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version Download (76kB) |
|
Text
GABUNGAN SEMUANYA.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Skripsi berjudul ”Perbedaan Hasil Belajar Bangun Datar Peserta Didik Sebelum Dan Sesudah Menerapkan Model Realistic Mathematic Education (RME) Di Kelas III MIN Batu Bagirik Kabupaten Solok” yang di tulis oleh Sri Hidayanti, NIM 1414070592 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Univeristas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III di MIN Batu Bagirik Kabupaten Solok. Hasil belajar Matematika yang diperoleh sebagian besar peserta didik kelas III belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yakni nilai 70, dari 31 peserta didik hanya 13 peserta didik yang mendapat nilai di atas KKM (tuntas). Penyebabnya yaitu pembelajaran yang berlangsung secara abstrak dan dalam pembelajaran pendidik secara langsung memberitahukan konsep berupa rumus tanpa terlebih dahulu melibatkan peserta didik untuk menemukan konsep-konsep tersebut. Ini menyebabkan peserta didik sering lupa tentang materi karena peserta didik belum mampu membangun sendiri pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas kelas III di MIN Batu Bagirik sebelum dan sesudah menerapkan model Realistic Mathematic Education (RME), karena dengan menggunakan model RME peserta didik bisa menemukan kembali suatu konsep matematika dengan bimbingan guru. RME penerapannya dalam pembelajaran dimulai dari sesuatu yang rill yang berasal dari kehidupan yang dekat dengan siswa sehingga siswa dapat terlibat dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yaitu Quasi Exsperimen atau pre exsperimen. Penelitian quasi eksperimen merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek yang diselidiki. Caranya adalah dengan membandingkan satu atau lebih kelompok eksperimen dengan yang diberi perlakuan dengan yang tidak diberi perlakuan Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “one group pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MIN Batu Bagirik yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif pada tes awal (pretest) adalah 63 dan rata-rata skor tes akhir (posttest) setelah diberikan treatment adalah 75,64. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh thitung 5,70 dan ttabel 2,042 sehingga disimpulkan thitung > ttabel yakni (5,70 > 2,042). Berarti perubahan hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest sangat signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menerapkan model Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Bangun Datar Peserta Didik Di Kelas III MIN Batu Bagirik Kabupaten Solok
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2019 15:27 |
Last Modified: | 23 May 2019 15:27 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2776 |
Actions (login required)
View Item |