Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepeduliaan Sosial Peserta Didik melalui Pembiasaan Sedekah di SMP N

FEBRIKA MARDISA PUTRA, - (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepeduliaan Sosial Peserta Didik melalui Pembiasaan Sedekah di SMP N. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
COVER_PERSETUJUAN_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Peserta Didik Melalui Pembiasaan Sedekah di SMP N 4 Kota Solok” disusun oleh Febrika Mardisa Putra: 1314010813 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyahdan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini berangkat dari peningkatan kepedulian sosial dengan pelaksanaan pengumpulan sedekah di Sekolah.Hal ini dilihat dari segi pengumpulannya masih ada peserta didik yang kurang tertarik untuk bersedekah serta keterbatasan masalah ekonomi. Batasan penelitian ini menjelaskan upaya pengumpulan sedekah, partisipasi peserta didik dalam pengumpulan sedekah, usaha guru dalam meningkatkan kepedulian sosial, faktor pendukung dan penghambat dalam meingkatkan kepedulian sosial peserta didik melalui pembiasaan sedekah Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskanbagaimana upaya pengumpulan sedekah, partisipasi peserta didik dalam pengumpulan sedekah, usaha guru dalam meningkatkan kepedulian sosial peserta didik melalui pembiasaan sedekah, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kepedulian sosial peserta didik melalui pembiasaan sedekah. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu “penelitian yang menggambarkan data sesuai apa adanya di lapangan”.Sumber data primer adalah guru pendidikan agama Islam dan peserta didik, sedangkan data sekundernya kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMP N 4 Kota Solok. Alat pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu. Pertama, upaya pengumpulan sedekah di SMP N 4 Kota Solok dilakukan sejak tahun 1990, awalnya hanya inisiatif guru Pendidikan Agama Islam, kemudian dalam lokakarya dibentuk panitia pengumpulan sedekah dan menjadi program wajib yang dikenal dengan istilah Tabarat dan Peduli Siswa yang dikumpulkan setiap senin dan jum’at bertujuan untuk meningkatkan kepedulian peserta didik dan membantu peserta didik yang keterbatasan masalah ekonomi. Kedua,partisipasi peserta didik sudah baik meskipun presentase naik turun, kendala kurangnya pemahaman peserta didik serta masalah keterbatasan ekonomi, minat peserta didik juga dipengaruhi oleh teman sejawat. Ketiga,usahan guru dalam meningkatkan kepedulian sosial dengan memberikan pengarahan tentang pentingnya saling peduli terhadap sesama, pengumuman hasil sedekah diumumkan setiap hari senin setelah upacara bendera, kiat yang dilakukan dengan memberikan dorongan motivasi dan memberikan penghargaan kepada lokal yang hasil pengumpulan sedekahnya tertinggi. Keempat, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kepedulian sosial peserta didik melalui pembiasaan sedekah. Faktor pendukung adalah dengan pemberian motivasi dan pemahaman kepada orang tua peserta didik. Faktor penghambat adalah keterbatasan ekonomi peserta didik sehingga kadang ikut dalam bersedekah kadang tidak, serta kurang tertanam dalam diri peserta didik tentang pentingnya bersedekah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:19
Last Modified: 11 Sep 2019 01:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item View Item