PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA DI MTsM LAKITAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Wahyuni, Yuni (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA DI MTsM LAKITAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover dan abstrak)
file 1.pdf

Download (197kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (563kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
GABUNGAN SEMUANYA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wahyuni NIM 1314080052, Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA Fisika di MTsM Lakitan Kab. Pesisir Selatan : Jurusan Tadris IPA-Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, 2018. 233 Halaman Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahamanan peserta didik terhadap konsep selama proses pembelajaran, peserta didik memperhatikan pendidik saat menjelaskan pelajaran, malas bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami dan dimengerti oleh peserta didik, peserta didik tidak bisa mengemukakan pendapatnya sebagai akibat pembelajaran yang menuntut keaktifan peserta didik tidak tercapai sehingga peserta didik kurang termotivasi dan berminat dalam belajar IPA Fisika, rendahnya pemahaman konsep terhadap materi pembelajaran, Kemampuan dan keterampilan serta frekuensi peserta didik dalam mengulangi kembali pelajaran tidak diiringi dengan pola dan teknik belajar yang baik, pendidik seringkali tidak memakai media dan model pembelajaran yang bervariasi dan hasil belajar yang masih rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu cara agar peserta didik dapat mengemukakan pendapatnya serta dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIII di MTsM Lakitan Kab. Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII di MTsM Lakitan Kab. Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Diperoleh kelas VIIIA sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol di MTsM Lakitan Kab. Pesisir Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 20 buah untuk penilaian kompetensi pengetahuan. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah uji kesamaan satu arah dengan menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Dari penelitian diperoleh rata-rata hasil hasil belajar peserta didik, pada kelas eksperimen 84,67 dan pada kelas kontrol 81,83. Berdasarkan analisis data diperoleh, thitung = 1,75 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.Kesimpulan yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIII di MTsM Lakitan Kab. Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:48
Last Modified: 10 Aug 2018 03:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2448

Actions (login required)

View Item View Item