Yelpa Yeni, Yeni (2018) Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Yang Diajar Dengan Metode Probing-Prompting Learning Pada Kelas VII MTsN Bungus Teluk Kabung Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK)
1. CVER, PERSETUJUAN PEMB DAN ABSTRAK OK.pdf - Published Version Download (703kB) |
|
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version Download (937kB) |
|
Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version Download (936kB) |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (942kB) |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version Download (343kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (157kB) |
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
8. FULL GABUNGAN SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
Yelpa Yeni : Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Yang Diajar Dengan Metode Probing-Prompting Learning Pada Kelas VII MTsN Bungus Teluk Kabung Padang Tahun Ajaran 2017/2018. NIM.1314040720 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII MTsN Bungus Teluk Kabung Padang tahun ajaran 2017/2018. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik, yaitu metode yang digunakan oleh pendidik belum dapat mengaktifkan peserta didik dalam belajar. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan nilai ujian tengah semester 1 matematika peserta didik kelas VII MTsN Bungus Teluk Kabung Padang yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Metode Probing- Prompting Learning dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII MTsN Bungus Teluk Kabung Padang tahun ajaran 2017/2018 yang diajar dengan menggunakan Metode Probing-Prompting Learning. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan menerapkan Metode Probing-Prompting Learning lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang tidak diajar dengan Metode Probing-Prompting Learning pada kelas VII MTsN Bungus Teluk Kabung Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN Bungus Teluk Kabung tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 208 peserta didik. Untuk mendapatkan kelas sampel menggunakan teknik random sampling, maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua populasi. sampel yang terpilih adalah peserta didik kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan Metode Probing- Prompting Learning adalah 80,00 dan nilai rata-rata kemampuan kemampuan komunikasi matematis yang tidak diajar dengan Metode Probing-Prompting Learning adalah 73,42. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung>ttabel (1,82>1,66) dengan αi=i0,05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII MTsN Bungus Teluk Kabung Padang yang diajar dengan Metode Probing-Prompting Learning lebih tinggi dari pada yang tidak diajar dengan Metode Probing-Prompting Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 01:36 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 01:37 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2156 |
Actions (login required)
View Item |