Pengaruh Alat Peraga Papan Perkalian Berbasis Metode Montessori terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III SDN 22 Koto Baru Solok

Yusrida, Pepi (2024) Pengaruh Alat Peraga Papan Perkalian Berbasis Metode Montessori terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III SDN 22 Koto Baru Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover-Daftar Isi Pepi Y.pdf - Published Version

Download (811kB)
[img] Text (BAB I SKRIPSI PEPI)
BAB I SKRIPSI PEPI.pdf - Published Version

Download (594kB)
[img] Text (BAB III SKRIPSI PEPI)
BAB III SKRIPSI PEPI.pdf - Published Version

Download (783kB)
[img] Text (BAB V SKRIPSI PEPI)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA PEPI.pdf - Published Version

Download (778kB)
[img] Text (Full Text)
Pepi Yusrida Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang masih rendah terutama dalam pembelajaran matematika seperti dalam keterampilan berhitung sehingga peserta didik tidak menemukan konsep sendiri, ini menyebabkan pemahaman konsep peserta didik belum terlatih sehingga hasil belajar peserta didik belum mencapai batas yang ditentukan. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan alat peraga papan perkalian berbasis metode Montessori dalam pembelajaran operasi hitung perkalian terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas III di SD Negeri 22 Koto Baru Solok. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas III A dan kelas III B sebanyak 59 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan degan teknik total sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas III A dan kelas kontrol adalah kelas III B. teknik pengumpulan data dilakukan dengan test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 83. Hasil hipotesis diperoleh sig dalam dua sisi atau sig (2 tailed) sebesar = 0,007 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig < 0,05 dan thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh alat peraga papan perkalian berbasis metode Montessori terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas III SD Negeri 22 Koto Baru Solok. Kata kunci: Alat Peraga Papan Perkalian. Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Papan Perkalian. Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 21 May 2024 08:21
Last Modified: 21 May 2024 08:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20749

Actions (login required)

View Item View Item