PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMPN 1 AMPEK NAGARI, KECAMATAN AMPEK NAGARI, KABUPATEN AGAM

Haulia, Fauziah (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMPN 1 AMPEK NAGARI, KECAMATAN AMPEK NAGARI, KABUPATEN AGAM. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (BABB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (334kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak di SMPN 1 Ampek Nagari, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam” Disusun oleh Haulia Fauziah, NIM 1314010078. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran Akidah Akhlak di SMPN 1 Ampek Nagari merupakan materi tambahan dari mata pelajaran PAI, dan ini sudah merupakan kebijakan dari sekolah serta materi Akidah Akhlak ini juga dimasukkan kedalam jam pelajaran formal. Adapun pelaksanaan proses belajar mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak ini tidak sesuai yang diharapkan atau tidak lancar jika di luar jam sekolah. Oleh sebab itu, mata pelajaran Akidah Akhlak tersebut di masukkan ke dalam mata pelajaran inkurikuler supaya proses belajar mengajar berjalan dengan efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk membina dan membentuk tingkah laku peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan (kognitif) dan sikap (afektif),di SMPN 1 Ampek Nagari, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam. Bentuk dan jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan dengan observasi dan wawancara yang diajukan kepada guru bidang studi Akidah Akhlak, kepala sekolah dan beberapa orang siswa SMPN 1 Ampek Nagari yang diambil secara acak. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di SMPN 1 Ampek Nagari sudah berjalan dengan baik. Dalam hal ini, terlihat dari mata pelajaran Akidah Akhlak di masukkan ke dalam mata pelajaran inkurikuler supaya proses belajar mengajar berjalan dengan efektif dan efesien, karena kalau pagi peserta didik masih segar untuk belajar tetapi jika menjelang sore peserta didik sudah tidak semangat lagi untuk belajar. Maka dari itu, mata pelajaran Akidah Akhlak sangat penting untuk diletakkan di mata pelajaran inkurikuler. Adapun proses pelajaran Akidah Akhlak di SMPN 1 Ampek Nagari, Kabupaten Agam guru sudah memiliki perencanaan mengajar yang baik terdiri dari semua unsur seperti, Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan adanya perencanaan pembelajaran tersebut maka guru akan lebih mudah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan mempunyai petunjuk dan pedoman untuk menyelenggaran proses pembelajaran yang baik dan maksimal. Serta hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di SMPN 1 Ampek Nagari dalam melaksanakan hasil pembelajaran sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects:
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2018 08:56
Last Modified: 05 Nov 2018 08:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item