Joko Wahyu, Nur Adi Gunawan (2018) PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP N 8 PADANG TAHUN AJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER,PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK)
KOVEFR DLL .pdf - Published Version Download (442kB) |
||
|
Text (BAB I)
7. BAB I.pdf - Published Version Download (152kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
8. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
Text (BAB III)
9. BAB III.pdf - Published Version Download (718kB) |
||
Text (BAB IV)
10. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
||
|
Text (BAB V)
11. BAB V.pdf - Published Version Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (40kB) | Preview |
|
Text
LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Strategi Guided Note Taking dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di Kelas VIII SMP N 8 Padang pada Tahun Ajaran 2017-2018”. Disusun oleh Joko Wahyu Nur Adi Gunawan, NIM 412.218. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran seorang pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran khususnya dalam pelajaran PAI masih begitu sederhana sehingga banyak peserta didik yang kurang bisa memahami penjelasan dari pendidik tersebut. Begitu pula ketika seorang pendidik bertanya, tidak banyak peserta didik yang mampu menjawabnya, selain itu banyak yang kurang memperhatikan atau tidak fokus dalam mengikuti pelajaran. Berdasarkan keadaan peserta didik di SMP N 8 Padang ini penulis menyarankan dalam pembelajaran materi PAI menggunakan strategi Guided Note Taking, karena dapat diterapkan dengan baik. Strategi tersebut akan mengurangi peserta didik yang tidak fokus dan peserta didik yang kurang memperhatikan pelajaran, sehingga dengan menggunakan strategi ini maka peserta didik akan selalu berusaha untuk tetap fokus agar bisa menjawab dari pertanyaan yang telah diberikan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi Guided Note Taking dalam pembelajaran PAI kelas VIII pada tahun ajaran 2017-2018. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan Strategi Guided Note Taking dengan hasil belajar strategi Konvensional dalam pembelajaran PAI kelas VIII. Jenis penelitian yang di gunakan dalampenelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dikelas VIII dengan jumlah peserta didik sebanyak 160 orang yang terdiri dari 5 kelas. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak, kelas yang terpilih sebagai kelas experiment adalah kelas VIII.A dan kelas kontrol adalah kelas VIII.B. Pada kelas experiment diberi perlakuan berupa penerapan strategi Guided note taking, sedangkan kelas kontrol dengan strategi pembelajaran yang biasa. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 4-18 januari 2018. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes terakhir. Hasil menunjukan bahwa perolehan rata-rata nilai kelas experimen 87,75 dan rata-rata nilai kelas kontrol 83,19. Berdasarkan hasil uji Dengan = 0,05 dan dk = 45 diperoleh thitung = 2,45sedangkan ttabel=1,67dengan taraf kepercayaan 95%, karena thitung >ttabel(2,45 >1,67)maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima sehingga disimpulkan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar peserta didik kelas kontrol atau strategi GNT lebih baik dari pada konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:47 |
Last Modified: | 26 Jun 2018 04:48 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1323 |
Actions (login required)
View Item |