Retno Purnamasari, RPS (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 12 PISANG KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
|
Text (cover,persetujuan pembimbing,abstrak)
syarat no 1.pdf - Published Version Download (364kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I. baru TERBARU(1).pdf - Published Version Download (569kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II baru TERBARU(1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III baru TERBARU(1).pdf - Published Version Download (542kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV terbaru(1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V oke(1).pdf - Published Version Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN SKRIPSI(1).pdf - Published Version Download (170kB) | Preview |
|
Text (File gabungan)
syarat ke 4 ASLI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Retno Purnamasari, NIM. 1314070117 : Penerapan Model Cooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 12 Pisang Kota Padang. Hasil belajar Matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Pisang Kota Padang masih tergolong rendah, banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kurangnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran, lemahnya kemampuan penguasaan operasi hitung (kabataku), dan ketika pendidik meminta peserta didik maju ke depan kelas, hanya sedikit yang mengangkat tangan dan itupun hanya orang yang sama yang selalu mengangkat tangan dan mau maju ke depan kelas. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik adalah dengan penerapan model cooperative learning tipe student facilitator and explaining. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model student facilitator and explaining terhadap model konvensional dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN 12 Pisang, Kota Padang?”. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah penelitian ini hanya untuk meneliti kelas V SDN 12 Pisang Kota Padang, model yang digunakan adalah model student facilitator and explaining, Indikator pengukuran penelitian ini adalah melihat perbedaan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model student facilitator and explaining terhadap model konvensional dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN 12 Pisang, Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis the static group comparison: randomized control group only design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 12 Pisang Kota Padang tahun ajaran 2017/2018. Diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir belajar sebanyak 10 soal essay untuk penilaian aspek kognitif. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan rata-rata satu arah melalui uji t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar matematika peserta didik di kelas eksperimen adalah 74,25 sedangkan pada kelas kontrol adalah 64,66. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil bahwa t hitung > ttabel yaitu (2,32>1,68). Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui model student facilitator and explaining lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional di kelas V SDN 12 Pisang Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2018 03:27 |
Last Modified: | 25 May 2018 03:27 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1049 |
Actions (login required)
View Item |