Pengaruh Model Student Facilitator and Explaning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN 17 Batugadang Agam

Mia Audina, - (2018) Pengaruh Model Student Facilitator and Explaning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN 17 Batugadang Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover. persetujuan pembimbing dan abtrak.pdf - Published Version

Download (553kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 17 Batugadang Agam. Berdasakan hasil belajar semester ganji peserta didik kelas V, dari 30 orang peserta didik terdapat 13 orang atau 43,33 peserta didik yang dinyatakan tuntas dan 17 orang atau 56,67 orang peserta didik yang dinyatakan tidak tuntas. Hal ini disebabkan oleh pendidik yang masih cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional yang lebih berpusat pada pendidik, sehingga peserta didik sulit memahami pelajaran karena peserta didik hanya menerima materi yang disampaikan pendidik tanpa terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Peta Konsep terhadap hasil belajar IPA di kelas V SDN 17 Batugadang Agam. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian “one group pretest and posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 17 Batugadang Agam. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas V SDN 17 Batugadang Agam yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasi belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (pretest) adalah 71.67 dan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (Posttest) adalah 75,67. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh t hitung = 2.845 dan t tabel = 2,04, sehingga disimpulkan t hitung> t tabel (2.845 >2,04). Hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest sangat signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada pembelajaran IPA peserta didik kelas V SDN 17 Batugadang Agam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 17 Batugadang Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:15
Last Modified: 12 Sep 2019 07:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2794

Actions (login required)

View Item View Item