Pembinaan Akhlak Peserta Didik MTsN 4 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2017/2018

PUTRI RAHMAH, - (2018) Pembinaan Akhlak Peserta Didik MTsN 4 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
a. cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text
b. BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text
b. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
b. BAB III.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text
b. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
b. BAB V skripsi putri ok.pdf - Updated Version

Download (167kB)
[img] Text
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text
d. full gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembinaan akhlak peserta didik, karena semakin banyaknya pengaruh lingkungan di tengah kemajuan teknologi yang semakin canggih. Fakta menunjukan sebagian kecil dari peserta didik dalam berakhlak terhadap guru, teman sebaya, terhadap peraturan sekolah dan juga dalam bersosialisasi dengan masyarakat, masih kurang sesuai dengan akhlak mulia, walaupun sebagian besarnya lagi sudah bisa membiasakan diri dalam berakhlak mulia. Untuk mengatasi masalah, para guru melakukan pembinaan akhlak di sekolah yang tidak hanya terfokus dalam kegiatan kurikuler tapi juga ekstra kurikuler yang terbentuk dalam beberapa program kegiatan keagamaan yang telah di lakukan di sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pembinaan akhlak peserta didik di MTsN 4 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2017/2018. Batasan masalahnya bentuk-bentuk pembinaan akhlak peserta didik, metode pembinaan akhlak, dan faktor pendukung dan penghambat. Tujuan dari penelitian ini adalah a). Untuk mengetahui bentuk-bentuk pembinaan akhlak peserta didik MTsN 4 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2017/2018, b). Untuk mengetahui metode pembinaan akhlak peserta didik MTsN 4 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2017/2018, c). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak peserta didik MTsN 4 Pasaman Barat Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru sebagai pendidik sekaligus pembimbing program kegiatan pembinaan akhlak peserta didik,wakil kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian pengolahan dan analisis data melalui: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, bentuk pembinaan akhlak peserta didik melalui program pembinaan akhlak peserta didik melalui program forum annisa, tahfidz Al-Qur’an, muhadarah, pembinaan oleh guru akidah akhlak dan guru bimbingan dan konseling. Kedua, metode pembinaan akhlak peserta didik yaitu metode ceramah, keteladanan, pembiasaan, dan karyawisata. Ketiga, faktor pendukung pembinaan akhlak peserta didik adanya sarana dan prasarana yang memadai di sekolah, serta adanya partisipasi dari masyarakat sekitar, dan faktor penghambatnya adalah karena pengaruh teknologi yang semakin canggih seperti gadget, kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembinaan akhlak di sekolah, serta pengaruh lingkungan sekitar. Untuk mengatasinya guru telah mencarikan solusi yaitu: dalam kegiatan Forum Annisa. Guru pengampu mempercepat proses kegiatan agar peserta didik tidak ketinggalan bus, untuk program tahfidz guru pengampu dan juga sekaligus wali kelas memberikan pemahaman serta penguatan kepada peserta didik, dan setiap guru yang masuk kelas selalu memberikan arahan, dapat menjadi teladan yang baik terkait dengan pembinaan akhlak peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 00:02
Last Modified: 11 Sep 2019 00:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2703

Actions (login required)

View Item View Item