PENGARUH METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 37 ANDURING KOTA PADANG

Jeli Defita, Jeli (2018) PENGARUH METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 37 ANDURING KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak)
PENGARUH METODE SQ3R.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (BAB I)
11. BAB I.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB III.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] Text (File Gabungan)
FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Jeli Defita, NIM 1314070353, Pengaruh Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Peserta Didik di Kelas V SD Negeri 37 Anduring Kota Padang: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Iman Bonjol Padang, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca peserta didik kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 37 Anduring Kota Padang yang masih tergolong rendah, sehingga masih banyak hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Peserta Didik di Kelas V SD Negeri 37 Anduring Kota Padang? Solusi yang dapat dilakukan pendidik yaitu dengan menggunakan metode SQ3R dalam proses pembelajaran. Metode SQ3R ini, mengajak peserta didik untuk memahami teks bacaan serta dapat membuat peserta didik lebih aktif, kreatif dan percaya diri dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen Semu. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah control group pretest posttest design, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 37 Anduring Kota Padang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes objektif sebanyak 20 soal. Data penelitian ini diperoleh dari tes akhir (posttest) pada kelas eksperimen dan kontrol . Data hasil belajar kemampuan membaca peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata tes akhir (posttest) yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 82 dan 77. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh t_hitung= 5,03 dan t_tabel= 2,09 sehingga disimpulkan t_hitung > t_tabel (5,03 > 2,09). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis H1 yang diajukan diterima. Artinya, hasil belajar kemampuan membaca peserta didik kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 37 Anduring Kota Padang berpengaruh setelah diajar dengan metode SQ3R dari pada hasil belajar kemampuan membaca peserta didik sebelum diajar dengan metode SQ3R. Kata Kunci : Pengaruh, Metode SQ3R, Hasil Belajar Kemampuan Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2018 06:36
Last Modified: 26 Nov 2018 06:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2511

Actions (login required)

View Item View Item