WIRA DESTRIA, WIRA DESTRIA (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Teaching Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Solok Tahun Ajaran 2017/ 2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover, Persetujuan, Abstrak)
1. COVER, PERSETUJUAN PEMB DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (749kB) |
|
Text (BAB 1)
2. BAB 1 OK.pdf - Published Version Download (795kB) |
|
Text (BAB 2)
3. BAB 2 OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text (BAB 3)
4. BAB 3 OK.pdf - Published Version Download (819kB) |
|
Text (BAB 4)
5. BAB 4 OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
Text (BAB 5)
6. BAB 5 OK.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (153kB) |
|
Text (File Gabungan Skripsi)
8. FILE GABUNGAN KESELURUHAN OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
Abstract
WIRA DESTRIA NIM. 1314040716 : Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Teaching Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Solok Tahun Ajaran 2017/ 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dalam belajar. Selama proses pembelajaran siswa belum mampu untuk menghubungkan materi pelajaran yang satu dengan yang lainnya juga dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMPN 5 Kota Solok Tahun Ajaran 2017/2018 yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Teaching lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional?”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Kota Solok sebanyak 201 siswa tahun ajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan ratarata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII1 dan kelas kontrol adalah kelas VIII3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa untuk kelas eksperimen adalah 77,85 dan untuk kelas kontrol adalah 68,27. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen adalah 58% sedangkan pada kelas kontrol 48%. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas untuk kedua kelas sampel. Setelah kedua kelas diketahui normal dan homogen, maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Setelah perhitungan diperoleh thitung > ttabel (2,028 >.1,674) dengan αi=i0,05 pada taraf kepercayaan 95 %, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima artinya kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Teaching lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 09 May 2018 08:29 |
Last Modified: | 09 May 2018 08:30 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2184 |
Actions (login required)
View Item |