ZAKI MUHAMAD FIKRI, Zaki (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM REMEDIAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (HALAMAN PERSEMBAHAN)
COVER.pdf - Published Version Download (77kB) |
||
Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (113kB) |
||
|
Image (SURAT PERNYATAAN KEASLIAN)
img035.jpg - Published Version Download (871kB) | Preview |
|
|
Image (PERSETUJUAN PEMBIMBING)
img036.jpg - Published Version Download (871kB) | Preview |
|
|
Image (PERSETUJUAN PENGUJI MUNAQASYAH)
img037.jpg - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (76kB) |
||
Text (ABSTRACT)
ABSTRACT ZAKI.pdf - Published Version Download (90kB) |
||
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (76kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
OUT LINE.pdf - Published Version Download (64kB) |
||
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (391kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (137kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (62kB) |
||
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTRA KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (123kB) |
||
Text (KISI-KISI PEDOMAN WAWANCARA DAN OBSERVASI)
KISI-KISI PEDOMAN WAWANCARA.pdf - Published Version Download (61kB) |
||
Text (RPP)
RPP 8 (HORMAT & PATUH KPD ORGTUA DAN GURU).pdf - Published Version Download (597kB) |
||
Text (DOKUMENTASI)
FOTO DOKUMENTASI.pdf - Published Version Download (661kB) |
||
Text (BIODATA)
BIODATA.pdf - Published Version Download (227kB) |
||
Text (FULL SKIRIPSI)
full skiripsi zaki.pdf - Updated Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Zaki Muhammad Fikri. NIM. 1314010514. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Program Remedial di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok” Skripsi: 2017. Jurusan PAI Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan guru PAI di SMKN 2 Gunung Talang ketika melaksanakan program remedial tidak berbeda dengan pembelajaran biasa, baik teknik maupun metodenya. Sementara program remedial mesti memperhatikan jenis dan tingkat kesulitan belajar peserta didik. Meskipun akhirnya seluruh peserta didik yang mengikuti remedial dapat mencapai ketuntasan, akan tetapi program tersebut tidak banyak meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa upaya guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui program remedial di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Gunung Talang Kabupaten Solok? Batasan masalah penelitian ini meliputi: mengidentifikasi kesulitan belajar, menganalisis hasil diagnosis kesulitan belajar, menemukan penyebab kesulitan belajar, menyusun rencana kegiatan remedial, melaksanakan kegiatan remedial, dan menilai kegiatan remedial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya guru PAI di SMKN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui langkah-langkah program remedial berikut: mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik, menganalisis hasil diagnosis kesulitan belajar peserta didik, menemukan penyebab kesulitan belajar peserta didik, menyusun rencana, melaksanakan, dan menilai kegiatan remedial. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data penelitian meliputi guru PAI, Kepala dan Wakil Kepala sekolah. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: pertama, upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada tahap mengidentifikasi kesulitan belajar adalah memberikan perhatian khusus kepada peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM. Kedua, upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada tahap mendiagnosis kesulitan belajar adalah memberikan kesempatan untuk memperbaiki hasil belajar sehingga dapat mencapai KKM. Ketiga, upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada tahap menemukan kesulitan belajar dilakukan dengan cara membantu peserta didik untuk keluar dari kesulitan belajar yang dihadapi. Keempat, pada tahap merencanakan program remedial upaya guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan melibatkan mereka dalam penentuan jadwal dan tempat pelaksanaan remedial. Kelima, pada tahap melaksanakan remedial upaya guru PAI memotivasi peserta didik kurang terlihat karena model pelaksanaannya persis seperti model pembelajaran biasa. Keenam, pada tahap penilaian remedial, upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan cara memberikan sugesti bahwa mereka harus mencapai KKM dan memanfaatkan kesempatan mengikuti remedial dengan sebaik-baiknya. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, dan Program Remedial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 01:07 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 01:08 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1860 |
Actions (login required)
View Item |