Juliatul Husna, Husna (2018) Peranan Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Koto Baru Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover)
1.COVER.pdf - Published Version Download (20kB) |
|
Text (Pernyataan, Persetujuan dan pengesahan)
pernyataan, persetujuan, pengesahan.pdf - Published Version Download (72kB) |
|
Text (Abstrak)
3.ABSTRAK.pdf - Published Version Download (70kB) |
|
Text (Kata Pengantar)
5.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (98kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6.DAFTAR ISI new.pdf - Published Version Download (34kB) |
|
Text (Daftar Tabel)
7.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (14kB) |
|
Text (Daftar Lampiran)
8.Daftar lampiran.pdf - Published Version Download (92kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (393kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (81kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (29kB) |
|
Text (Lampiran Instrumen)
lampiran 1.INSTRUMEN PENELITIAN julia.pdf - Published Version Download (18kB) |
|
Text (Biodata Penulis)
lampiran 5.BIODATA DIRI.pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (File Gabungan SKRIPSI)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
“Peranan Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Koto Baru Solok”, Skripsi Jurusan Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang tahun 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya minat siswa dalam pembelajaran sejarah dan banyaknya penggunaan istilah asing yang menyebabkan siswa jadi malas untuk belajar dan guru kurang maksimal memberikan motivasi pada siswa sehingga siswa banyak yang meribut dan sering menganggu teman. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di MAN Koto Baru Solok dan apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di MAN Koto Baru Solok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah, mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah di MAN Koto Baru Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berbentuk field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknikobservasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sebagai informannya antara lain guru sejarah, siswa dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini antara lain: Pertama, untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah guru yang berperan sebagai motivator, fasilitator, organisator, informator, pengarah/direktor, mediator, evaluator, demonstrator, dan pengelola kelas yang akan membantu peserta didik dalam proses belajar mengajar serta mempermudah interaksi belajar antara guru dan peserta didik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam pemberian motivasi dikarenakan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran sejarah, kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran sejarah, kurangnya sumber (buku) dalam pembelajaran sejarah serta kurangnya dukungan atau perhatian orang tua terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Users 31 not found. |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 04:32 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 04:32 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1634 |
Actions (login required)
View Item |