ORIZAL FRANDOLA, - (2018) Studi tentang Minat da Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLTP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK 2.pdf - Published Version Download (220kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya nilai-nilai PAI pada kepribadian peserta didik terutama dalam pembelajaran PAI itu sendiri, seperti kurangnya menghargai guru, meribut dalam pembelajaran, kurang termotivasi untuk menghafal ayat Al-Qur’an, serta seringnya minta izin keluar kelas pada saat guru menerangkan materi pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana minat dan motivasi peserta didik, serta apa upaya guru untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran PAI di SLTP Negeri 2 Lembah Gumanti? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan motivasi peserta didik serta upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkannya dalam pembelajaran PAI di SLTP Negeri 2 Lembah Gumanti. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif bersifat deskriptif, dengan memperhatikan fenomena dan peristiwa yang terjadi pada peserta didik dalam pembelajaran PAI. Sumber data adalah peserta didik yang berjumlah 541 orang dan sumber pendukung adalah kepala sekolah, guru dan pegawai sekolah yang berada di SLTP Negeri 2 Lembah Gumanti. Alat pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini, pertama: minat peserta didik dalam pembelajaran PAI di SLTP Negeri 2 Lembah Gumanti masih rendah, ditandai oleh partisipasi aktif dan perhatian peserta didik dalam pembelajaran PAI masih kurang, masih banyak yang belum berpartisipasi untuk bertanya pada guru dalam pembelajaran, belum aktif dalam belajar maupun membuat tugas kelompok, tidak banyak yang memberikan perhatian dalam menghafal ayat Al-Qur’an, masih sedikit perhatian dalam melaksanakan ibadah, serta pernyataan peserta didik yang bingung dalam belajar PAI, kurang dalam hafalan, lebih memilih tambahan pembelajaran yang lain dibanding dengan pembelajaran PAI di luar sekolah. Kedua: motivasi peserta didik dalam pembelajaran PAI masih kurang, hal ini ditandai oleh reaksi untuk mencapai tujuan pembelajaran masih minim serta keadaan tidak puas dari apa yang telah diperoleh masih sedikit dari peserta didik, cenderung peserta didik puas dengan apa yang sudah diterimanya, masih banyak peserta didik yang belum tampak keberaniannya dalam belajar untuk tampil ke depan kelas membaca Al-Qur’an, dalam menghafal ayat al-Qur’an masih banyak peserta didik menghafal karena alasan takut pada guru, merasa puas dengan nilai yang diperoleh meskipun rendah, mendongkol bila ditegur oleh guru, serta sedikit peserta didik yang berkunjung ke perpustakaan untuk mencari dan membaca buku PAI. Ketiga: upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik di SLTP Negeri 2 Lembah Gumanti sudah ada dilakukan, namun belum maksimal upaya guru tersebut, hal ini ditandai masih ada peserta didik yang belum menghafal Ayat Al-Qur’an, meribut dalam belajar, tidak aktif dalam belajar kelompok, serta belum ada berkunjung ke perpustakaan untuk membaca maupun meminjam buku PAI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 38 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 02:21 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 02:21 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6767 |
Actions (login required)
View Item |