Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPN 1 Singkarak Kabupaten Solok

MUHAMMAD HASBI ASSHIDDIQI, - (2018) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPN 1 Singkarak Kabupaten Solok. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi SMP Negeri 1 Singkarak yang merupakan salah satu sekolah umum berbasis pesantren secara mandiri, sekolah ini dalam membentuk karakter peserta didiknya dengan internalisasi nilai-nilai agama yang telah membudaya di lingkungan sekolah tersebut, di SMP Negeri 1 Singkarak semua peserta didik beragama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Singkarak Kabupaten Solok?. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dengan keteladanan, pembiasaan dan nasehat dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Singkarak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilainilai pendidikan Islam dengan keteladanan, pembiasaan dan nasehat dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Singkarak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul penulis analisis melalui analisis kualitatif yaitu dengan urutan sebagai berikut :reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan pemeriksaan derajat kepercayaan (kredibilitas), pemeriksaan keteralihan (transferability) dengan cara uraian rinci, pemeriksaan ketergantungan (dependability) dengan cara auditing ketergantungan dan pemeriksaan kepastian (confirmatibility). Penelitian ini berhasil menemukan (1) Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dengan keteladanan dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Singkarak berupa pendidik memberi contoh, dalam melaksanakan ibadah (shalat duha, shalat zuhur berjamaah, membaca dan tahfiz al-Qur’an) untuk membentuk karakter religius, disiplin, gemar membaca, bersahabat/komuniatif. pendidik memberi contoh menjaga kebersihan dalam membentuk karakter peduli lingkungan, pendidik berada sepuluh menit sebelum bel berbunyi untuk membentuk karakter disiplin, guru saat berbicara berkata benar dan menepati janji untuk membentuk karakter jujur. 2) Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dengan pembiasaan dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Singkarak berupa kegiatan rutin yang dilakukan peserta didik berupa sholat zuhur berjamaah untuk membentuk karater religius, disiplin dan kerja sama, berdo’a waktu mulai dan selesai pelajaran untuk membentuk karakter religius dan jujur, mengucap salam bila bertemu guru untuk membentuk karakter bersahabat/komuniatif, membaca al-qur’an dan tahfiz al-Qur’an setiap jam ix pertama sebelum pelajaran dimulai untuk membentuk karakter gemar membaca, infak di hari Jum’at untuk membentuk karakter peduli sosial, kegiatan kultum dan mabit untuk membentuk karakter religius dan tanggung jawab, peringatan hari-hari besar keagamaan untuk membentuk karakter religius, toleransi dan rasa ingin tahu. upacara pada hari besar kenegaraan untuk membentuk karakter cinta tanah air, pemeriksaan kebersihan badan(kuku, telinga, rambut, dan lain-lain) setiap hari Senin untuk membentuk karakter disiplin. 3) Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dengan nasehat dalam pembentukan karakter di SMPN 1 Singkarak. Nasehat dilakukan terhadap peserta didik yang melakukan penyimpangan-penyimpangan dalam bersikap, peserta didik yang berkelahi, berbicara kotor dan peserta didik yang tidak mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 Pendidikan Agama Islam s2pai
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:10
Last Modified: 13 Nov 2019 02:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6762

Actions (login required)

View Item View Item