YUMNA, - (2018) Pengembangan Instrumen Evaluasi Program Modal Context, Input, Process, Product and Plus (CIPP Plus) Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( MGMP PAI). Doctoral thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (CEVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (810kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (613kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (573kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (382kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (277kB) |
Abstract
Persoalan yang terjadi secara faktual pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (yang selanjutnya disingkat dengan MGMP PAI SMA/K) yang ada di Sumatra Barat adalah pelaksanaan Evaluasi Program MGMP belum terlaksana secara optimal dan belum terukur. Hal tersebut terjadi karena belum adanya Instrumen Evaluasi Program yang lengkap serta Panduan Penggunaanya dan juga belum adanya format laporan evaluasi yang dapat digunakan oleh Pengurus MGMP. Mengingat kegiatan evaluasi mempunyai manfaat yang sangat besar untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan/keunggulan Program MGMP, maka perlu upaya untuk mengembangkan Instrumen Evaluasi Program MGMP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Instrumen Evaluasi Program Model CIPP Plus yang cocok atau relevan pada MGMP PAI SMA/K, (2) mengetahui validitas dan reliabilitas Instrumen Evaluasi Program Model CIPP Plus yang dikembangkan pada MGMP PAI SMA/K, dan (3) menilai efektivitas dan praktikalitas Instrumen Evaluasi Program Model CIPP Plus yang dikembangkan pada MGMP PAI SMA/K. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang mengacu pada Model Borg and Gall dimana proses pengembanganya disederhanakan menjadi empat langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, (3) uji coba produk, dan (4) finalisasi produk. Uji Coba I dilakukan pada MGMP PAI SMA/SMK di Sumatra Barat. Uji Coba II diimplementasikan pada MGMP PAI SMA Kabupaten Solok. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif, kuantitatif, dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan instrumen pada penelitian ini terletak pada konsep Model Context, Input, Process and Product (selanjutnya disingkat dengan CIPP) dikombinasikan dengan Evaluasi Plus sehingga menjadi bentuk modifikasi yang diberi nama Model “CIPP Plus”, yang terdiri dari perangkat evaluasi berupa Instrumen Evaluasi Program MGMP dan panduan penggunaan Instrumen Evaluasi Program MGMP (2) berdasarkan hasil uji coba, Instrumen Evaluasi Program MGMP memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, yang ditunjukkan pada nilai estimasi muatan faktor (loading factor) terkecil 0,382 dan terbesar 0,939. Demikian pula reliabilitas instrumen mencapai derajat yang signifikan, yang ditunjukkan dengan nilai estimasi koefisien reliabilitas Komponen Konteks sebesar 0,933 Komponen Input sebesar 0,923, Komponen Proses sebesar 0,889, Komponen Produk sebesar 0,925, dan Komponen Evaluasi Plus sebesar 0,884 dan (3) menurut praktisi dan pengguna Instrumen Evaluasi Program MGMP (Model CIPP Plus) sangat efektif dan praktis dengan rerata total efektivitasnya 4,30 dan rerata total praktikalitasnya 4,34.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 46 not found. |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 22:14 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 22:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6708 |
Actions (login required)
View Item |