IF PERMAISARI, - (2018) Hubungan disiplin belajar dengan prestasi belaja mahasiswa politeknik negeri padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (563kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (853kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (716kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi berkaitan dengan peraturan dan tata tertib yang ada di kampus guna untuk mendisiplinkan diri mahasiswa supaya dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Banyaknya mahasiswa yang melanggar aturan sehingga mereka mendapat hukuman sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Walaupun hukuman yang diberikan itu berat, namun mahasiswa selalu melanggarnya. Selain itu mahasiswa juga sering melalaikan tugas yang diberikan dosen, namun IPK yang didapatkan mahasiswa di atas rata-rata Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui tingkat disiplin belajar mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang. 2) untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang. 3) untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis pearson correlation yang diolah dengan program SPSS versi 20.0 for windows. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah disiplin belajar dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa D3 Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang berjumlah 308 dengan sampel penelitian sebanyak 174 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dengan skala psikologi yang berpedoman pada skala Likert, penelitian ini menggunakan satu skala sebagai alat ukurnya itu pada variabel terikat atau independent (Y) yaitu skala disiplin belajar yang disusun sendiri oleh penulis dengan 72 item dari 80 item valid yang dibuat dan memiliki reliabilitas 0,964 dan variabel terikat atau dependent (X) dengan memasukkan nilai IPK mahasiswa pada mahasiswa D3 Teknik Sipil. Hasil analisis data penelitian menunjukkan, (1) mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang yang memiliki tingkat disiplin belajar tinggi 133 orang atau 76,4%, dan memiliki tingkat disiplin yang rendah 41 orang atau 23,5% (2) mahasiswa Politeknik Negeri Padang memiliki tingkat prestasi belajar yang tinggi 85 orang atau 48,8% dan prestasi belajar yang rendah 89 orang atau 51,1% (3) dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang. Semakin tinggi disiplin belajar seseorang akan semakin tinggi prestasi seseorang dan sebaliknya semakin renda disiplin belajar seseorang akan semakin rendah pula prestasi belajarnya. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Users 36 not found. |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 07:36 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 07:36 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6630 |
Actions (login required)
View Item |