CAHAYU AFLINDA, - (2018) Metakognisi dan Keaktifan Berorganisasi sebagai Prediktor Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi di Fakultas Syari'ah angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (429kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (541kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (620kB) |
|
Text (BABIV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena bahwa masih banyak mahasiswa Fakultas Syari’ah angkatan 2015 UIN Imam Bonjol Padang memiliki prestasi akademik yang rendah. Faktor yang dapat memengaruhi prestasi akademik mahasiswa diantaranya adalah metakognisi dan keaktifan berorganisasi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: prediksi prestasi akademik berdasarkan metakognisi dan keaktifan berorganisasi, prediksi prestasi akademik berdasarkan metakognisi, dan prediksi prestasi akademik berdasarkan keaktifan berorganisasi pada mahasiswa Fakultas Syari’ah angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 6 Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang yang aktif berorganisasi berjumlah 91 orang. Pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu dengan menggunakan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala metakognisi yang diadaptasi dari skala Metacognition Awareness Inventory (MAI) dan skala keaktifan berorganisasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa metakognisi dan keaktifan berorganisasi secara bersama-sama dapat memprediksi prestasi akademik mahasiswa Fakultas Syari’ah angkatan 2015 UIN Imam Bonjol Padang, namun memiliki kemampuan prediksi yang sangat lemah/rendah. Kedua variabel bebas tersebut berkontribusi 9,6% terhadap prestasi akademik mahasiswa. Variabel metakognisi secara mandiri belum dapat memprediksi prestasi akademik mahasiswa. Namun, hanya variabel keaktifan berorganisasi yang secara mandiri dapat memprediksi prestasi akademik mahasiswa Fakultas Syariah angkatan 2015 UIN Imam Bonjol Padang, dengan kemampuan prediksi keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik adalah sebesar 7,7%. Kata Kunci: metakognisi, keaktifan beorganisasi, prestasi akademik mahasiswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Users 36 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 06:48 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 06:48 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6612 |
Actions (login required)
View Item |