Perbedaan ingatan pada huruf vokal kelayan tunagrahita: antara pemberian media audio visual dan tidah diberikan media audio visual di panti sosial bina grahita harapan ibu (PSBGHI) Padang

NUR ASIYAH, - (2018) Perbedaan ingatan pada huruf vokal kelayan tunagrahita: antara pemberian media audio visual dan tidah diberikan media audio visual di panti sosial bina grahita harapan ibu (PSBGHI) Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kelayan tunagrahita kategori sedang yang sulit untuk mengingat pelajaran yang telah diajarkan berulang kali saat belajar. Untuk itu sangat diperlukan metode yang sangat menarik. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yaitu media audio visual, yang merupakan media penyampaian informasi kombinasi antara audio dan visual. Media ini mempunyi unsur suara dan gambar yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan dalam satu proses. Dengan demikian media ini diharapkan dapat berpengaruh pada peningkatan ingatan kelayan tunagrahita kategori sedang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan tingkat ingatan kelayan tunagrahita kategori sedang sebelum diberikan media audio visual saat belajar, (2) mengetahui dan menjelaskan tingkat ingatan kelayan tunagrahita kategori sedang setelah diberikan media audio visual saat belaja, dan (3) mengetahui perbedaan ingatan kelayan tunagrahita kategori sedang yang diberikan media audio visual saat belajar dengan kelayan yang tidak diberikan media audio visual sat belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni, dengandesainpenelitianpretest-posttest control group design. Adapun teknik analisis datanya dengan memakai teknik man whitney yang diolah dengan program SPSS versi 16.0 for windows. Subjek penelitian adalah kelayan tunagrahita kategori sedang di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu (PSBGHI) Padang sebanyak 18 orang. Subjek dipilih berdasarkan randomisasi sederhana dengan menggunakan undian. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen 9 orang dan kelompok kontrol 9 orang. Kelompok eksperimen diberikan treatment berupa belajar dengan menggunakan media audio visual, sementara kelompok kontrol tidak mendapatkan treatment. Hasil dari analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,216. Nilai signifikansi tersebut lebih besar dari tingkat kesalahan yaitu 0,05. artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat ingatan kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian H0 diterima artinya tidak ada perbedaan tingkat ingatan terhadap huruf vokal kelayan tunagrahita kategori sedang yang diberikan media audio visual dengan yang tidak diberikan media audio visual. Kata Kunci: Media Audio Visual, Peningkatan Ingatan, Kelayan Tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Users 36 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:39
Last Modified: 31 Oct 2019 06:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item