NELVI ANDESTA, - (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN METEMATIKA KELAS VIII MTsN 4 TARUSAN PESISIR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
COVER. PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (249kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1 watermark.pdf - Published Version Download (245kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II watermark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III watermark.pdf - Published Version Download (636kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV watermark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V watermark.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (76kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
gabungan skripsi keseluruhan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII MTsN 4 Tarusan. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya Nilai Ulangan Harian I Peserta didik kelas VIII yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan selama ini belum mampu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Untuk itu diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang tidak diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving pada peserta didik kelas VIII MTsN 4 Tarusan Pesisir Selatan Tahun 2018/2019. Jenis penelitian adalah Quasy Eksperiment dengan desain Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 4 Tarusan Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri dari 5 lokal yaitu kelas VIII.A sampai VIII.F sebanyak (136 orang). Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.A (kelas eksperimen) dan peserta didik kelas VIII.E (kelas kontrol). Berdasarkan hasil tes belajar diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen 76 dan ratarata nilai tes pada kelas kontrol 68 t i hitung = 2,23 dan t = 1,64 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti t hitung >t tabel tabel , maka keputusannya adalah ditolak dan diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem solving lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem solving.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 07:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 07:27 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6168 |
Actions (login required)
View Item |