Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8 Berbasis Kontekstual pada Materi Pola Bilangan untuk Peserta Didik Kelas VIII MTsN 5 Kabupaten Limapuluh Kota

MAYA ANGGOLA SARI, - (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8 Berbasis Kontekstual pada Materi Pola Bilangan untuk Peserta Didik Kelas VIII MTsN 5 Kabupaten Limapuluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN PEM., ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text (BAB II)
BAB III.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya penggunaan media belajar matematika dan tidak dihubungkan antara materi yang dipelajari dengan keadaan nyata seharihari, sehingga peserta didik tidak tertarik untuk belajar. Proses belajar tersebut membuat peserta didik bosan dan jenuh dalam belajar. Mengatasi hal demikian maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang menampilkan materi dengan aplikasi pemprograman Macromedia Flash Profesional 8. Untuk itu perlu dikembangkan suatu media pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash Profesional 8 berbasis Kontekstual pada Materi Pola Bilangan untuk peserta didik kelas VIII MTs yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Reiser dan Mollenda, terdiri dari lima tahapan pengembangan yaitu analysis, design, develop, implementation dan evaluation. Tahapan analysis terdiri dari analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis media dan analisis teknologi. Tahap design terdiri dari penyusunan media berbasis kontekstual, perancangan tampilan media dan penyusunan instrument penelitian. Tahapan develop yaitu mengembangkan media pembelajaran, dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas, instrumen yang digunakan untuk validitas yaitu instrumen lembar validasi dan instrumen yang digunakan untuk praktikalitas yaitu instrumen lembar praktikalitas dan revisi media pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash professional 8 berbasis kontekstual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli, media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai validasi 91%. Berdasarkan uji praktikalitas dengan pengisian angket praktikalitas pendidik dan peserta didik menyatakan media pembelajaran matematika yang dikembangkan sangat praktis dengan nilai praktikalitas oleh pendidik 86% dan nilai praktikalitas oleh peserta didik 93%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:24
Last Modified: 18 Sep 2019 07:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6162

Actions (login required)

View Item View Item