MERI OKTAVIA, - (2018) Pengembangan media komik matematika islami pada materi penyajian data untuk peserta didik SMP kelas VII. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER,persetujuan pembimbing dan abstrak.pdf - Cover Image Download (246kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (341kB) |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version Download (658kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version Download (8kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (76kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
SKRIPSI FULL MERI OKTAVIA-compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Perkembangan pendidikan kearah yang lebih maju mendorong pembaharuan pada perkembangan terhadap media pembelajaran. Pendidik diharapkan bisa memanfaatkan perubahan tersebut dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik dan tepat. Penggunaan media dalam proses pembelajaran untuk peserta didik belum bervariasi sehingga terjadinya kesulitan dan ketidak tertarikan peserta didik dalam belajar. Hal ini berdasarkan pada hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Borg & Gall (1983) yang terdiri dari (1) Studi pendahuluan, (2) Perencanaan produk,(3) Pengembangan produk, (4) Uji coba awal, (5) Revisi produk awal, (6) Uji coba kedua, (7) Revisi produk kedua, (8) Uji coba lapangan (field reseach), (9) Revisi produk akhir, dan (10) Desiminasi. Validasi dilakukan oleh para pakar/ahli yang terdiri dari empat orang dosen dan satu orang guru matematika untuk melihat apakah media pembelajaran ini sudah valid, sedangkan praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru matematika dan peserta didik untuk melihat apakah media pembelajaran ini sudah praktis. Produk yang dihasilkan adalah media komik matematika islami yang sangat valid dan praktis. Komik yang dihasilkan valid dari segi aspek isi 3,61, aspek kebahasaan 3,75, aspek penyajian materi 3,41, dan aspek kegrafikan 3,60. Sedangkan praktikalitas untuk peserta didik dari segi aspek kemudahan penggunaannya 3,49, dari segi kefektivitasan waku yang digunakan 3,29, dan dari segi daya tarik & manfaat 3,23. Praktikalitas untuk Pendidik dari segi aspek kemudahan penggunaannya 3,46, dari segi kefektivitasan waku yang digunakan 3,66, dan dari segi interpretasinya 3,38 dan dari segi ekivalennya 3,33. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas terhadap media komik matematika islami sebesar 3,59 dan 3,46 dengan kriteria sangat valid dan praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media komik matematika islami pada materi penyajian data di kelas VII MTsN 3 Tanah Datar ini sangat valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 07:23 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 07:23 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6161 |
Actions (login required)
View Item |