TRIASIH DEWI INDAH CATUR KUMALA, - (2018) Analisis Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII MTsN 1 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (380kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version Download (584kB) |
|
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version Download (93kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (99kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
8. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya analisis yang dilakukan oleh pendidik terhadap kemampuan koneksi dan disposisi matematis peserta didik. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik selalu rendah, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap kemampuan koneksi dan disposisi matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian yang dijadikan sumber data kualitatif terdiri dari 6 peserta didik yang dibedakan berdasarkan kemampuan kognitif. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 peserta didik dari kelompok tinggi, 2 peserta didik dari kelompok sedang dan 2 peserta didik dari kelompok rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket dan wawancara. Waktu penelitian dimulai tanggal 11 Mei – 6 Juni 2018 di MTsN 1 Pesisir Selatan tahun pelajaran 2017/2018 semester genap. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 7 Setelah diberikan tes di kelas VII dengan jumlah 41 orang diperoleh nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis peserta didik 58. Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang dan rendah. Hasil tes menunjukkan bahwa peserta didik yang berkemampuan tinggi sebanyak 7 orang, 24 orang berkemampuan sedang dan 10 orang berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan koneksi matematis pada indikator koneksi antar topik peserta didik dikategorikan rendah, yaitu 50%, koneksi dengan bidang ilmu lain dikategorikan sedang, yaitu 61% dan kemampuan koneksi dengan kehidupan sehari-hari dikategorikan sedang, yaitu 64%. Secara umum penyebab kesalahan koneksi matematis peserta didik adalah tidak mengetahui rumus yang digunakan. 2) Secara keseluruhan disposisi matematis peserta didik sedang, yaitu 68,5%. Kepercayaan diri peserta didik dalam menggunakan matematika dikategorikan tinggi, yaitu 75,4% Keingintahuan peserta didik dalam matematika dikategorikan sedang, yaitu 67,5%, kefleksibelan peserta didik dalam matematika dikategorikan sedang, yaitu 63,1% dan kegigihan peserta didik dalam pembelajaran matematika dikategorikan sedang, yaitu 68,1%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 07:22 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 07:22 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6158 |
Actions (login required)
View Item |