NOFRIANDO, - (2018) Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Meningkatkan sikap sosial Online Bagi Peserta Didi di MTsN Lubuk Buaya Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version Download (662kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (387kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Download (375kB) |
|
Text (BAB III)
bab III.pdf - Published Version Download (180kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (82kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
File Gabungan.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Nofriando, Bp.411.198 “Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik yang Berprestasi di MTsN Durian Tarung Padang” (skripsi : 2018), Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa peserta didik yang berprestasi di sekolah, mempunyai masalah sosial, bersikap individu, cuek, kurang peduli dan jarang bergaul dengan teman yang lainya, dan ada juga peserta didik yang hanya bergaul antara mereka yang berprestasi saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik yang berprestasi di MTsN Durian Tarung Padang. Sedangkan batasan masalahnya adalah : (a) peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik yang berprestasi terhadap guru di MTsN Durian Tarung Padang, (b) peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik yang berprestasi terhadap teman di MTsN Durian Tarung Padang, (c) kendala guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik yang berprestasi di MTsN Durian Tarung Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik yang berprestasi terhadap guru di MTsN Durian Tarung Padang, (b) peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik yang berprestasi terhadap teman di MTsN Durian Tarung Padang, (c) kendala guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik yang berprestasi di MTsN Durian Tarung Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dimana penulis langsung melaksanakan wawancara dengan peserta didik yang memiliki masalah sosial di MTsN Durian Tarung Padang. Adapun sumber datanya yaitu sumber data primer peserta didik di MTsN Durian Tarung Padang pada kelas VIII.2 dan guru bimbingan dan konseling sumber data sekunder guru bidang studi MTsN Durian Tarung Padang dan Peserta didik. Teknik pengolahan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan/ verifikasi data. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (a) peranan guru bimbingan dan konseling berperan sebagai penjalin kerja sama dengan kepala sekolah, guru-guru mata pelajaran dan juga wali kelas untuk mengarahkan peserta didik yang berprestasi, agar bersikap sopan santun terhadap guru dan saling menghargai sesama teman, (b) Guru bimbingan dan konseling membuat layanan bimbingan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh peserta d=idik yaitu layanan bimbingan pribadi dan layanan bimbingan kelompok, (c) Kendalanya adalah Peserta didik merasa malu, ragu-ragu dan agak tertutup untuk menceritakan masalahnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Perpus UIN IB Padang |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 06:11 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 06:11 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6092 |
Actions (login required)
View Item |