ENDANG GUSNILA SARI, - (2018) Strategi Guru Bimbingan dan KOnseling Dalam Mengentaskan Masalah Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII melalui Layanan Konseling Induvidual Di SMPN02 Sintoga. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version Download (451kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (365kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (103kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (90kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version Download (150kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini dengan judul Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengentaskan Perilaku Agresif peserta didik kelas VIII Melalui Layanan Konseling Individual di SMP Negeri 02 Sintuk Toboh Gadang, ditulis oleh Endang Gusnila Sari NIM:1314030131, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku agresif yang terjadi dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Perilaku agresif tidak hanya dirasakan oleh peserta didik disekolah akan tetapi sangat terasa dikalangan guru - guru yang berada dilingkungan sekolah. Banyak faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan perilaku agresif disekolah, ada faktor yang mendasari dan ada faktor yang mempengaruhi sehingga menyebabkan angka perilaku agresif disekolah cukup tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengentaskan masalah perilaku agresif peserta didik melalui layanan konseling individual. Batasan masalah pada penelitian ini ada 3 yakni : 1) perencanaan konseling individual dalam mengentaskan perilaku agresif peserta didik .2) pelaksanaan layanan konseling individual dalam mengentaskan perilaku agresif peserta didik 3) Hasil layanan konseling individual dalam mengentaskan perilaku agresif peserta. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perencanaan konseling individual dalam mengentaskan perilaku agresif peserta didik.2) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling individual dalam mengentaskan perilaku agresif peserta didik.3) untuk mengetahui hasil Hasil layanan konseling individual dalam mengentaskan perilaku agresif peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian lapangan yang memberikan gambaran secara terperinci terhadap permasalahan sebagaimana adanya, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Sedangkan teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi , wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisa deskriftif kualitatif, kemudian membandingkan memeriksa, mengecek keabsahan data. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa, 1)perencanaan konseling individual dalam mengentaskan perilaku agresif peserta didik yaitu berjalan dengan maksimal dengan menyusun satuan layanan.2) pelaksanaan layanan konseling individual dalam mengentaskan perilaku agresif peserta didik yaitu telah terungkap masalah agresif verbal vasif langsung dengan proses konseling yang dilakukan dengan cara menerima klien dengan terbuka 3) Hasil layanan konseling individual dalam mengentaskan perilaku agresif peserta telah terselesaikan dengan baik dan peserta didiktelah bisa mengubah kebiasaan menyindir, mencemooh, memaki,mencela, dan memanggil gelar teman dengan tidak bagus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Perpus UIN IB Padang |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 06:08 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 06:08 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6091 |
Actions (login required)
View Item |