EFEKTIFITAS PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP N 5 KOTA SOSLOK

FATIHAH NUR, - (2018) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP N 5 KOTA SOSLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
File Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini terlihat bahwasanya siswa kurang bersemangat dalam belajar, siswa acuh tak acuh dalam kegiatan belajar, siswa asyik dengan kegiatannya sendiri seperti mencoret-coret meja, siswa suka bermenung saat belajar,siswa sering absen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Efektifitas pelaksanaaan layanan informasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP ٥ Kota Solok. Batasan masalah pada skripsi ini yaitu a). Apakah ada motivasi belajar siswa bagi kelompok eksperimen b). Apakah ada motivasi belajar siswa bagi kelompok kontrol c). Apakah ada motivasi belajar siswa bagi kelompok eksperimen dan kelompok setelah pelaksanaan layanan informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a). Motivasi belajar siswa bagi kelompok eksperimen b). Motivasi belajar siswa bagi kelompok kontrol c). Motivasi belajar siswa bagi kelompok eksperimen dan kelompok setelah pelaksanaan layanan informasi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen, dimana variabel luar ikut mempengaruhi hasil penelitian dengan teknik non equivalent control group designyakni kelompok eksperiment dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random, serta diberikan pre-test sebelum diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah ٣٧٤ orang. Sampel penelitian sebanyak ٥٨ siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Alat yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah angket motivasi belajar yang telah divalidasi. Temuan dari penelitian ini terungkap bahwa motivasi belajar siswa pretest dan postest kelompokekperimen mengalami perbedaan hasilyang sangat tinggi, sedangkan kelompok kontrol tidak mengalami perubahan hasil belajar karena setelah di uji motivasi belajar siswa tetap rendah.Interprestasi Uji Paired samplet test berdasarkan out put pair ١ diperoleh nilai Sig(٢ tailed) sebesar ٠,٠٠<٠,٠٥ maka dapat disimpulkan tidak terdapat berbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk Pre-Test kelas Kontrol dengan postest kelas Kontrol. Berdasarkan output ٢ diperoleh nilai Sig(٢ Tailed) sebesar ٠,٨٨>٠,٠٥ dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata pre test kelas Eksperimen dan posttes kelas Eksperimen. Dapat disimpulkan layanan informasi Efektif atau berpengaruh terhadap peningkatan motivsi belajar peserta didik, diharapkan kepada guru pembimbing untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kegiatan layanan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:04
Last Modified: 12 Sep 2019 06:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6083

Actions (login required)

View Item View Item