Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 8 Pariaman

PRIMA TRISNAWATI, - (2018) Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 8 Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I benar.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II benar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III benar.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV benar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V. benar.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA 1.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
GABUNGAN FILE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul : Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 8 Pariaman”. Disusun oleh Prima Trisnawati, NIM. 1314030924 Mahasiswa Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Berdasarkan data lapangan yang penulis temukan melalui observasi dan wawancara dengan peserta didik serta guru bimbingan konseling (BK) yang mengatakan bahwa permasalahan yang sering dialami oleh peserta didik adalah motivasi belajar yang kurang baik yang disebabkan oleh kurang perhatian orang tua kepada anak sehingga menurunnya motivasi belajar didalam sekolah, orang tua yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak kurang kesadaran untuk memperdulikan anak, baik dalam membimbing anak, mendidik, dan memenuhi kebutuhan anak baik dari segi moril maupun materil. Rumusan masalah adakah hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar peserta didik dikelas VIII SMPN 8 Pariaman. Batasan masalah dari penelitian ini adalah (a) Perhatian Orang Tua peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Pariaman, (b) Motivasi Belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Pariaman, (c) Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Pariaman. Penelitian bertujuan untuk melihat Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Pariaman. Hipotesis yang diajukan adalah Ha bahwa ada hubungan yang signifikan antara Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah Perhatian Orang Tua, dan variabel terikatnya adalah Motivasi Belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Pariaman yang berjumlah 78 orang dengan sampel 78 orang yang diambil melalui teknik Total sampling. Instrument penelitian menggunakan 2 (dua) angket yaitu angket tentang Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar diambil dari peserta didik. Data diolah dengan menggunakan Program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20,00, serta di analisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Penelitian ini menemukan bahwa : (1) Perhatian Orang Tua peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Pariaman tergolong kurang baik, (2) Motivasi Belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 8 Pariaman tergolong kurang baik, (3) dari hasil pengolahan data di dapatkan bahwa rxy = 0, 312 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 1% = 0,296 dan untuk signifikan 5% = 0,227 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat di simpulkan bahwa semakin baik Perhatian Orang Tua peserta didik maka semakin baik Motivasi Belajar yang diperoleh peserta didik dan begitu pula sebaliknya, karena Perhatian Orang Tua ikut berkontribusi terhadap Motivasi Belajar peserta didik sebesar 9,73 % dan 90,27 % di pengaruhi oleh variabel lain, sehingga korelasi antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar peserta didik berada pada taraf rendah dan lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:22
Last Modified: 11 Sep 2019 06:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6058

Actions (login required)

View Item View Item