Hubungan Kecerdasan Intelektual Dengan Hasil Belajar Matematika Dan Implikasi Pada Layanan Akademik Di Kelas VIII MTsN 5 Kota Padang

YOSI MARNIDA, - (2018) Hubungan Kecerdasan Intelektual Dengan Hasil Belajar Matematika Dan Implikasi Pada Layanan Akademik Di Kelas VIII MTsN 5 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Pengesahan Abstrak.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
File Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Hubungan Kecerdasan Intelektual Dengan Hasil Belajar Matematika Dan Implikasi Pada Layanan Akademik Di Kelas VIII MTsN 5 Kota Padang” Ditulis oleh Yosi Marnida, NIM 1414030560 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru matematika berpendapat kalau peserta didik yang kecerdasan intektualnya baik maka anak lebih mudah dalam menerima pelajaran dibandingkan dengan anak yang tingkat kecerdasannya tidak baik atau rendah, itu lebih susah saat menerima pembelajaran maupun saat melakukan praktek dilapangan, jadi apabila tingkat kecerdasan intektual siswa baik sehingga menjadikan para siswa dapat berkonsentrasi dengan baik saat melakukan pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana gambaran kecerdasan intelektual peserta didik, 2) bagaimana gambaran hasil belajar matematika, 3) apakah terdapat hubungan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar matematika, 4) bagaimana impilikasi kecerdasan intelektual dengan hasil belajar matematika terhadap layanan akademik. Batasan masalah 1) gambaran kecerdasan intelektual peserta didik, 2) gambaran hasil belajar matematika, 3) hubungan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar matematika, 4) impilikasi kecerdasan intelektual dengan hasil belajar matematika terhadap layanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar matematika dan implikasi pada layanan akademik Kelas VIII MTSN 5 Kota Padang. Hipotesis yang diajukan adalah Ha bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar matematika, dan Ho adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar matematika. Penelitian menggunakan desain penelitian metode deskriptif dengan studi korelasional. Subjek penelitian ini diambil seluruh siswa kelas VIII MTSN 5 Kota Padang, jumlah siswa yang terdata adalah 96 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil skor tes IQ, dan nilai rapor. Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan signifikan antara tingkat kecerdasan intelektual dengan hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII MTSN 5 Kota Padang dengan taraf signifikan 5%, terbukti r hitung 0,312, 0, 219, dan 0, 410 lebih besar dari r table 0,205. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat diketahui bahwa hasil belajar harus didukung oleh kecerdasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Pendidikan Agama Islam pai
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:20
Last Modified: 11 Sep 2019 06:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6054

Actions (login required)

View Item View Item