Penerapan Model Pembelajaran Trait Treatment Interaction (TTI) Menggunakan Multimedia Swishmax 4.0 Terhadap Hasil Belajar IPA di MTsN Durian Tarung Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton Kelas X MAN Lima Puluh Kota Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Video Pada Materi Teori Kinetik Gas Dan Termodinamika

NURHAYATI.S, - (2018) Penerapan Model Pembelajaran Trait Treatment Interaction (TTI) Menggunakan Multimedia Swishmax 4.0 Terhadap Hasil Belajar IPA di MTsN Durian Tarung Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton Kelas X MAN Lima Puluh Kota Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Video Pada Materi Teori Kinetik Gas Dan Termodinamika. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing, bstrak.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text
FULL TKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTsN Durian Tarung masih banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (80). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik diantaranya peserta didik kurang mendapat peluang untuk dituntun, serta dididik menjadi peserta didik yang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, keterampilan dan sikap. Pembelajaran masih konvensional, pendidik hanya memberikan rumus-rumus tanpa menggunakan media yang interaktif, menarik, menyenangkan dan tidak membosankan untuk pembelajaran. Banyak model dan media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan interaksi peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik meningkat, diantaranya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Trait Treatment Interaction (TTI) menggunakan multimedia Swishmax 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar IPA peserta didik dengan menerapkan model TTI lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsN Durian Tarung padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang tahun ajaran 2017/2018. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada aspek afektif adalah lembar observasi dan aspek kognitif berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal objektif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data, diperoleh untuk aspek afektif (spiritual) kelas eksperimen mendapatkan tiga kriteria amat baik (A) dan satu kriteria baik (B), sedangkan kelas kontrol mendapatkan tiga kriteria baik (B) dan satu kriteria cukup (C). Aspek afektif (sosial) kelas eksperimen mendapatkan tiga kriteria amat baik (A) dan satu kriteria baik (B), sedangkan kelas kontrol mendapatkan tiga kriteria baik (B), dan satu kriteria cukup (C). Hasil belajar aspek kognitif diperoleh rerata skor hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 81,49 sedangkan rerata kelas kontrol adalah 75,44. Pengujian hipotesis dengan uji-t taraf signifikan (α) 0,05 diperoleh t 1,66. Ini berarti bahwa nilai t hitung berada di luar daerah penerimaan H hitung . Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model TTI berbantuan Multimedia Swishmax 4.0 memberikan hasil belajar IPA lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2019 06:36
Last Modified: 16 Jun 2019 06:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item