NELSI SYAPUTRIZAL, - (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning Pada PLatform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
Cover, Persetujuan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version Download (119kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (475kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (552kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (220kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text
FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pemanfaatan smartphone android dikalangan pendidik sebagai sumber belajar. Kemudian, adanya keterbatasan waktu pembelajaran di sekolah sehingga menyebabkan materi belum seluruhnya tersampaikan oleh pendidik sedangkan materi yang diajarkan cukup banyak. Selain itu, tingkat ketergantungan peserta didik terhadap pendidik masih sangat tinggi, terlihat dari aktifitas di kelas XI IPA yang cenderung pasif. Untuk mengatasi persoalan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja dalam meningkatkan kemandirian peserta didik, maka dirancanglah media pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis mobile learning pada platform android. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis mobile learning pada platform android menggunakan aplikasi App inventor, (2) untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis mobile learning pada platform android menggunakan aplikasi App inventor untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D), dengan model 4-D mulai dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Media pembelajaran fisika berbasis mobile learning pada platform android ini diuji validitasnya oleh 1 orang ahli bahasa, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, diuji praktikalitasnya oleh 2 orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik serta diuji efektifitasnya oleh 39 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket yang menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran fisika berbasis mobile learning pada platform android sangat valid menurut 5 validator dengan nilai rata-rata 92,12%. (2) media pembelajaran fisika berbasis mobile learning pada platform android sangat praktis dari segi isi, sajian, manfaat, dan peluang penggunaan media pembelajaran menurut 2 pendidik fisika dengan nilai rata-rata 81,25% sedangkan menurut 20 peserta didik kelas XI MAN 3 Padang dengan perolehan nilai rata-rata 85,25% dan (3) media pembelajaran fisika berbasis mobile learning pada platform android efektif digunakan menurut 39 peserta didik kelas XI MAN 3 Padang dengan nilai rata-rata 83,01%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis mobile learning pada platform android dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI di MAN 3 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 16 Jun 2019 06:23 |
Last Modified: | 16 Jun 2019 06:23 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2811 |
Actions (login required)
View Item |