DINA MARLINA, - (2018) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Listening Team pada Kelas VA MIN 02 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Cover, Persetujuan Pembimbing dan Abstrak.pdf - Published Version Download (153kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (390kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (393kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (174kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (100kB) |
|
Text
skripsi full dina.pdf - Updated Version Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul ”Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Listening Team pada Kelas VA MIN 02 Padang Pariaman”. Yang disusun oleh Dina Marlina, NIM 1414070613. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS peserta didik pada ujian semester I dengan rata-rata kelas 63,94 yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh pendidik yang tidak melibatkan peserta didik secara langsung dalam pembelajaran yang menyebabkan peserta didik cepat bosan dan kurang aktif sehingga pembelajaran menjadi monoton. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe listening team dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik di kelas VA MIN 02 Padang Pariaman. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik di MIN 02 Padang Pariaman. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe listening team. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VA MIN 02 Padang Pariaman. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I aktivitas peserta didik mencapai rata-rata 41,0%, hal ini disebabkan karena masih ada peserta didik yang tidak fokus dan keaktifan peserta didik masih rendah. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata 69,8%, hal ini disebabkan karena peserta didik sudah ikut aktif dalam pembelajaran. Pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik diperoleh sebanyak 68,43 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 56,25%. Hal ini disebabkan karena sebagian peserta didik tidak memperhatikan pendidik menjelaskan pelajaran. Pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat mencapai 76,63 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 81,25%. Penyebab meningkatnya hasil belajar peserta didik karena sudah memperhatikan pelajaran dan fokus untuk menerima pelajaran serta penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team sudah sesuai dengan rencana yang disusun sebelumnya. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe listening team dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VA MIN 02 Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2019 15:24 |
Last Modified: | 23 May 2019 15:24 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2774 |
Actions (login required)
View Item |