Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVB MIN Alahan Panjang

MERI YULIA HIDAYANTI, - (2018) Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVB MIN Alahan Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, pertsetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text
fulll.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

MERI YULIA HIDAYANTI, 1414070640, Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVB MIN Alahan Panjang, Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Program Strata Satu UIN Imam Bonjol Padang, 2018. 102 Halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPA di kelas IVB MIN Alahan Panjang masih dengan cara mendikte (penyampaian materi secara verbal) yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik diminta untuk mencatat apa yang didiktekan, akibatnya peserta didik kesulitan dalam memahami konsep IPA, karena peserta didik tidak mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Peserta didik masih terlihat pasif dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik.dan ini berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik muatan KD IPA, berdasarkan data hasil ujian IPA semester I tahun ajaran 2017/2018 rata-rata peserta didik yang tuntas masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Manfaat dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas IVB MIN Alahan Panjang. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning. Model ini dapat menjadikan suasana belajar menjadi lebih bermakna, karena pembelajaran dilakukan dengan percobaan sehingga peserta didik dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes belajar peserta didik, sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik MIN Alahan Panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan hasil tes belajar. Teknik analisis datanya berupa teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I aktivitas peserta didik belum sesuai dengan yang diharapkan. Ini disebabkan karena masih ada sebagian peserta didik yang kurang aktif dalam melaksanakan kegiatan percobaan. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan kategori aktif, ini disebabkan karena peserta didik sudah ikut aktif melaksanakan kegiatan percobaan dalam pembelajaran. Hasil belajar peserta didik pada siklus I pembelajaran IPA masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Ini disebabkan karena sebagian peserta didik belum mengikuti kegiatan diskusi kelompok. Pada siklus II terjadi peningkatan, peserta didik yang tuntas dengan kategori sangat tinggi. Penyebab meningkatnya hasil belajar peserta didik karena sudah mengikuti kegiatan diskusi kelompok dan mendengarkan penguatan materi dari pendidik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik IVB MIN Alahan Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 15:22
Last Modified: 23 May 2019 15:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item