AZIZAH FADILLAH, - (2018) Upaya guru pendidikan agama islam dalam pembinaan pelaksanaan shalat zuhur berjamaah peserta didik SMPN 2 Tanjung Raya Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
Cover, Abstrak.pdf - Updated Version Download (488kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (327kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (145kB) |
|
Text
skripsi fulll.pdf - Published Version Download (940kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Pelaksanaan Shalat Zuhur Berjamaah Peserta Didik SMPN 2 Tanjung Raya Kabupaten Agam”, di tulis oleh Azizah Fadillah, NIM: 1414010166” Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah peserta didik di SMPN 2 Tanjung Raya Kabupaten Agam. Pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah siswa SMPN 2 Tanjung Raya Kabupaten Agam belum sempurna, bahkan masih ada siswa yang tidak shalat Zuhur berjamaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembinaan shalat zuhur berjamaah, alat pembinaan yang digunakan, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru agama dalam pelaksanaan pembinaan shalat Zuhur berjamaah peserta didik SMPN 2 Tanjung Raya Kab. Agam. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya. Sumber data kepala sekolah, guru agama dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi teknik pengelolaan data dengan teknik analisa deskriptif kualitatif, dengan langkah sebagai berikut memeriksa data, mengklasifikasikan data, menganalisa data dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) Metode yang digunakan guru dalam pembinaan pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah adalah metode pembiasaan, latihan dan metode praktek 2) Alat yang digunakan guru dalam pembinaan shalat Zuhur berjamaah adalah guru memberikan keteladanan, guru mengadakan absen terhadap siswa, guru memberikan motivasi kepada siswa, guru memberikan nasehat kepada siswa. 3) Faktor Pendukung dan penghambat dalam pembinaan pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah siswa di SMPN 2 Tanjung Raya Kab. Agam. Faktor pendukung seperti Adanya kegiatan intrakurikuler, Adanya kegiatan Ektrakurikuler, Ada ketegasan dari kepala sekolah. Faktor penghambat seperti kondisi mushalla masih dalam proses pembangunan serta kurangnya keterlibatan guru dalam pelaksanaan shalat Zuhur berjamaah, kurangnya sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 00:59 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 00:59 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2720 |
Actions (login required)
View Item |