Pendidikan karakter dalam pembelajaran Al Quran Hadits Melalui Program Adiwiyata di MAN 3 Kota Padang

RAUDATUL HIMMAH, - (2018) Pendidikan karakter dalam pembelajaran Al Quran Hadits Melalui Program Adiwiyata di MAN 3 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I- Bab III Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Raudatul Himmah NIM 1414010324 dengan judul “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Al-Quran Hadits Melalui Program Adiwiyata Di MAN 3 Kota Padang” Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang 1439 H/2018 M Latar belakang penelitian adalah pemanfaatan lingkungan madrasah yang masih asri dan nyaman dalam pelaksanaan program Adiwiyata untuk membentuk pendidik karakter peserta didik agar terlaksananya tugas manusia sebagai khalifah fil ard yaitu makhluk yang mulia dan sempurna dalam artian mempunyai akhlak dan moral yang baik tidak hanya kepada manusia tetapi juga kepada lingkungan sekitar. Rumusan masalah penelitian adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk program Adiwiyata dalam pembelajaran Al-Quran Hadits dan pendidikan karakter, (2) Apakah nilai-nilai utama pendidikan karakter pada pembelajaran AlQuran Hadits melalui program Adiwiyata, (3) Apakah faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter dalam pembelajaran Al-Quran Hadits melalui program Adiwiyata. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yaitu guru mata pelajaran Al-Quran Hadits dan data sekunder yaitu Kepala Sekolah dan siswa siswi kelas X PK dan dokumen-dokumen terkait dengan program Adiwiyata. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa pendidikan karakter pada pembelajaran Al-Quran Hadits melalui program Adiwiyata meliputi bentukbentuk program Adiwiyata yaitu (1) Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan yang mencantumkan lingkungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan terdapat pada muatan lokal dan integrasi pada mata pelajaran Al-Quran Hadits, dan kegiatan berbasis parsititatif yang terdapat dalam pemeliharaan sarana dan prasarana, pemanfaatan lahan sekolah dan pengembangan ektrakurikuler. (2) Nilai-nilai utama dalam penelitian tersebut yaitu nilai religius dengan penanaman sikap yang ramah lingkungan bentuk syukur manusia sebagai khalifah fil Ardh, nasionalisme menanamkan cinta lingkungan dan tanah air dengan menjaga kelestarian lingkungan yang telah ada, mandiri mengajarkan peserta didik untuk kreatif dalam pengolahan sampah organik sehingga menjadi air penyiram tanaman, gotong royong menanamkan sikap kerja sama dan saling membantu dalam perawatan lingkungan sekolah dan integritas menanamkan sikap jujur dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan disekolah salah satunya berhubungan dengan lingkungan sekolah.(3) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini. Faktor pendukungnya adalah guru, peserta didik dan sarana prasarana, sedangkan faktor penghambat yaitu pendanaan dan dukungan masyarakat yang belum optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 00:04
Last Modified: 11 Sep 2019 00:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item