WINA DESTRIA FITRIANI, - (2018) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 di SMAN 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (333kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (563kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (433kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Download (8MB) |
Abstract
WINA DESTRIA FITIRIANI, NIM. 1414010365, Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 di SMAN 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Padang, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang, 2018; 181 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi bahwa peserta didik kurang dapat mengontrol dan mengelola emosinya. Hal tersebut tercermin dalam sikap peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Seperti yang dikemukakan oleh beberapa peserta didik bahwa tidak percaya diri, kurang bersemangat, kurang fokus dalam belajar karena dipengaruhi oleh emosi pada waktu-waktu dan situasi tertentu memang berdampak terhadap penguasaan materi, sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Berdasarkan fakta lapangan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan dibatasi pada; gambaran kecerdasan emosional peserta didik kelas XI, gambaran hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI, dan gambaran seberapa besar terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI semester genap tahun ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional peserta didik, untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI semester genap, mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMAN 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan angket. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional, dengan sampel sebanyak 72 orang peserta didik yang diambil dari keseluruhan populasi penelitian yang berjumlah 432 orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, besar gambaran kecerdasan emosional peserta didk dengan kategori tinggi yaitu 41,667%. Sedangkan hasil penelitian tingkat hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI ini terdiri kepada dua bagian yaitu hasil belajar aspek pengetahuan dengan kategori sedang yaitu 36,111%, dan hasil belajar aspek keterampilan dengan kategori sedang yaitu 30,556%. Hasil uji korelasi dalam penelitian ini, dimana diperoleh r hitung pada aspek pengetahuan sebesar 0,405 dan r hitung pada aspek keterampilan sebesar 0,329. Jika dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% =0,235 dan 1% =0,306. r hitung yang didapat lebih besar dari r tabel (aspek pengetahuan dan keterampilan) yang berarti koefisien korelasinya adalah signifikansi yang berarti hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 23:59 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 23:59 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2699 |
Actions (login required)
View Item |