MUHAMMAD AULIA LUNAR, - (2018) Upaya Guru dalam Pembentukan Kepribadian Islami Siswa di SMP N 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (508kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (389kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (123kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (183kB) |
|
Text
Skripsi M. Aulia Lunar.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman tentang tugas guru tidak hanya terbatas pada penyampaian materi/pengetahuan kepada siswa, tetapi guru juga mempunyai tanggung jawab dalam membimbing dan mengarahkan siswanya serta mengetahui keadaan siswa dengan kepekaan untuk memperkirakan kebutuhan siswanya. Oleh karena itu, guru dituntut tanggap terhadap berbagai kondisi dan perkembangan yang mempengaruhi jiwa, keyakinan, dan pola pikir siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam pembentukan kepribadian Islami siswa di SMP N 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman ? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan kepribadian Islami siswa di dalam kelas, upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan kepribadian Islami siswa di luar kelas, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian Islami siswa di SMP N 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 6 orang guru dan 4 orang siswa di SMP N 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berhasil menemukan : 1) Upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan kepribadian Islami siswa di dalam kelas dengan membiasakan untuk mengucapkan salam dan membaca basmalah di awal pembelajaran. Begitupun di akhir pembelajaran, guru mengucapkan salam dan membaca hamdalah, serta melalui kegiatan pembelajaran guru membentuk kepribadian Islami siswa untuk jujur, disiplin dan menjalankan perintah agama dengan mengintegrasikan mata pelajaran yang diajarkan guru dengan kepribadian Islami. 2) Upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan kepribadian Islami siswa di luar kelas dengan memberdayakan potesi peserta didik dengan guru bekerjasama dengan majelis guru lain untuk membentuk kepribadian Islami siswa, caranya dengan membimbing siswa untuk jujur dengan adanya kantin kejujuran, disiplin dengan adanya pengawasan dan pemberian sanksi bagi siswa yang belum disiplin, serta bertanggung jawab dalam melaksanakan program sekolah seperti shalat zuhur berjamaah. 3) Faktor pendukung yang membentuk kepribadian Islami siswa berupa adanya kerja sama dari guru-guru dan orang tua siswa untuk membentuk kepribadian Islami siswa, adanya peraturan sekolah yang menunjang pembentukan kepribadian Islami siswa. Faktor penghambat yang membentuk kepribadian Islami siswa berupa faktor dari diri sendiri berupa kebanyakan siswa tidak antusias dan faktor teman sebaya berupa ada teman yang bermain-main, terpengaruh teman dan lingkungan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 23:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 23:53 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2692 |
Actions (login required)
View Item |