PENGARUH METODE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP N 2 GUNUNG TALANG

ANNISA ADRIAN, - (2018) PENGARUH METODE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP N 2 GUNUNG TALANG. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
Cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (799kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text
Gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pengaruh Metode Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMP N 2 Gunung Talang, ditulis oleh Annisa Adrian. NIM. 1414010482 Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 2 Gunung Talang tahun ajaran 2017/2018 yang sebagian besar belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang di tetapkan oleh sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan Metode Time Token pada mata pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Gambaran Hasil Belajar Setelah Dilakukan Pre Test Metode Konvensional Kelas Kontrol Pada Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Gunung Talang? Gambaran Hasil Belajar Setelah Dilakukan Pre Test Metode Time Token Kelas Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP N Gunung Talang? Gambaran Hasil Belajar Setelah Dilakukan Post Test Metode Konvensional Kelas Kontrol Pada Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Gunung Talang? Gambaran Hasil Belajar Setelah Dilakukan Post test Metode Time Token Kelas Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Gunung Talang? Perbedaan hasil belajar antara Metode Time Token dengan Metode Konvensional pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP N 2 Gunung Talang? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui gambaran pre test pada kelas eksperimen di SMP N 2 Gunung Talang, 2) Mengetahui gambaran pre test pada kelas kontrol di SMP N 2 Gunung Talang, 3) Mengetahui gambaran post test pada kelas eksperimen di SMP N 2 Gunung Talang, 4) Mengetahui gambaran post test pada kelas kontrol di SMP N 2 Gunung Talang, 5) Mengetahui apakah terdapat pengaruh antara metode Time Token terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP N 2 Gunung Talang. Pendekatan penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Gunung Talang tahun ajaran 2018/2019 semester ganjil. Untuk mendapatkan kelas sampel yaitu maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak (Random Sampling) karena populasi memiliki data homogen dan normal. Kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah VIII I dan kelas eksperimen adalah kelas VIII F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian rata-rata nilai tes hasil belajar eksperimen 83,30 dan rata-rata nilai tes hasil belajar kelas kontrol 76,36. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 64%, sedangkan pada kelas kontrol adalah 43%. Berdasarkan hasil uji-t dengan bantuan SPSS versi 16 diperoleh t hitung < t ( 0,000 < 0,025) dengan α= 0,025 maka keputusannya adalah H o tabel ditolak dan H diterima, artinya hasil belajar terdapat perbedaan yang signifikan antara Metode Konvensional dengan Metode Time Token pada pelajaran PAI Kelas VIII di SMP N 2 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 07:12
Last Modified: 06 May 2019 07:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item